Saat ini kami cukup fokus pada rumah tapak, yang mana kita memiliki satu proyek landed residential di wilayah timur Jakarta seluas 67 hektare dengan sales rate cukup baik.
Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk memfokuskan grup propertinya pada rumah tapak seiring kinerja positif yang dicatatkan oleh grup properti perseroan tersebut.

"Saat ini kami cukup fokus pada rumah tapak, yang mana kita memiliki satu proyek landed residential di wilayah timur Jakarta seluas 67 hektare dengan sales rate cukup baik," ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam konferensi pers virtual RUPST Astra di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, terkait kinerja positif grup properti, Astra melihat pada 2020 mengalami kenaikan sekitar 15-18 persen bottom line-nya dibandingkan pada 2019. Kemudian pada triwulan pertama tahun ini kinerjanya juga tercatat baik.

Baca juga: Konsultan: Sektor rumah tapak diprediksi masih bertahan pada tahun ini

Presdir Astra tersebut menjelaskan bahwa terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi kinerja positif grup properti. Pertama adalah Astra melakukan konsolidasi terhadap biaya di sektor properti.

Kemudian Astra berfokus pada rumah tapak atau landed residential, di mana Seperti diketahui kondisi hunian vertikal atau high rise, baik itu residential maupun perkantoran memang sejak beberapa tahun lalu agak kurang.

"Jadi dua hal tersebut yang kami lakukan untuk sektor properti pada short term saat ini," kata Djony.

Baca juga: Pemulihan sektor properti tergantung keberhasilan penanganan pandemi

Berdasarkan laporan keuangan PT Astra International Tbk tahun 2020, grup properti mencatatkan laba bersih sebesar Rp93 miliar atau naik 12 persen dibandingkan 2019 yang sebesar Rp83 miliar.

Pada triwulan pertama tahun ini, grup properti Astra tetap mencatatkan kinerja positif dengan perolehan laba bersih sebesar Rp49 miliar atau naik 23 persen dibandingkan periode sama pada 2020 sebesar Rp40 miliar.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021