RSUD Jayapura rekrut 60 tenaga kesehatan untuk PON XX

RSUD Jayapura rekrut 60 tenaga kesehatan untuk PON XX

Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai (ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura merekrut sebanyak 60 tenaga medis untuk meningkatkan layanan kesehatan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober 2021.

Direktur RSUD Dok II Jayapura Aloysius Giyai, di Jayapura, Jumat, mengatakan ke-60 tenaga medis yakni perawat ini, sebagian besar akan ditempatkan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Kami juga benar-benar mempersiapkan diri untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX pada Oktober 2021," katanya.

Menurut Aloysius, sementara untuk untuk tenaga dokter, perlu membangun kerja sama dengan rumah sakit yang berada di luar Papua seperti di Manado, Jogyakarta dan Makassar karena membutuhkan dokter spesialis.

"Khusus untuk dokter ini yang perlu diperkuat dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Nasional ke depan, sedangkan fasilitas yang tengah disiapkan adalah pembangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus PON atau IGD traumatik, bagi peserta PON khususnya bagi para atlet," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk sumber daya manusia dan fasilitas lainnya sudah mulai disiapkan, hanya saja pihaknya masih menunggu ketersediaan mobil ambulance, yang memang khusus untuk melayani para atlet ketika cedera di lapangan.

"Kami benar-benar fokus menyiapkan diri untuk menyukseskan PON, karena iven olahraga ini, RSUD Jayapura merupakan rumah sakit rujukan bagi pelaksanaan PON XX, jadi baik SDM maupun fasilitas memang disiapkan betul," katanya lagi.

Dia menambahkan jadi selain menyediakan tenaga medis, pihaknya juga memantapkan kesiapan fasilitas berupa ruangan dan peralatan medis.

Baca juga: KONI Pusat nilai Kabupaten Jayapura siap gelar PON XX Papua

Baca juga: Kontingen PON XX Papua akan dibentuk Juli

Baca juga: Jangan takut datang ke Papua
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021