Bantu cari kapal selam KRI Nanggala, Basarnas tambah satu kapal lagi

Bantu cari kapal selam KRI Nanggala, Basarnas tambah satu kapal lagi

Kapal milik Basarnas, KN SAR Antasena dan KN SAR Arjuna bersandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jatim, Jumat (23/4/2021). (FOTO ANTARA/Novi H.)

Banyuwangi, Jatim (ANTARA) - Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) menambah satu kapal kapal, dari awalnya hanya dua kapal, dalam operasi pencarian kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4) di perairan laut bagian utara Provinsi Bali.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi di Banyuwangi, Jumat sore menjelaskan tiga kapal milik Basarnas yang akan bersiaga di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, itu adalah KN SAR Antasena dari Basarnas Surabaya dan KN SAR Arjuna (Denpasar) serta KN Kamajaya (Makasar).

"KN Antasena sudah bersandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, sejak Kamis (22/4) malam, sedangkan KN Arjuna hari ini sekitar pukul 09:00 WIB juga tiba. Sementara KN Kamajaya, diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Wangi, pada Jumat malam nanti, sekitar pukul 23:00 WIB," katanya.

Selain kapal untuk operasi SAR, Basarnas juga mendatangkan satu unit alat pendeteksi benda bawah laut, yakni remot operation vehicle (ROV) untuk membantu proses pencarian KRI Nanggala-402.

Dari pantauan ANTARA di lokasi, dua kapal milik Basarnas (KN Antasena, Arjuna) sudah bersandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, dan sekitar pukul 15:30 WIB, KN Arjuna bertolak dari Pelabuhan Tanjung Wangi menuju arah utara, sekitar perairan laut bagian utara Bali.

Baca juga: KN SAR Arjuna 229 siaga di Pelabuhan Banyuwangi cari KRI Nanggala

Baca juga: Awak kapal selam KRI Nanggala ada yang baru dua bulan menikah

Baca juga: Tiba di Banyuwangi, kapal SAR Antasena ikut cari KRI Nanggala-402

Baca juga: Pos SAR Banyuwangi siap terlibat operasi pencarian KRI Nanggala
Pewarta : Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021