Jakarta (ANTARA) - Joe Harris mencetak 20 poin saat Brooklyn Nets selamat dari serangan tim tamu Boston Celtics untuk meraih kemenangan 109-104 di New York, Jumat malam (Sabtu pagi WIB).

Dengan hasil tersebut, kini Nets memuncaki klasemen Wilayah Timur dan melengserkan Philadelphia 76ers ke peringkat kedua. Philadelphia dijadwalkan akan bertarung melawan Milwaukee Bucks, Sabtu (Minggu WIB), seperti dikutip Reuters, Sabtu.

Brooklyn memimpin saat waktu masih tersisa 33:56 dan bertahan meski kalah 15-27 dalam 10 menit terakhir.

Jeff Green menambahkan 19 poin untuk Nets, yang melepaskan 43 persen tembakan dan menahan Irving yang 15-dari-19 tembakannya melesat. Meskipun kala itu Irving hampir membukukan triple-double (15 poin, 11 assist dan sembilan rebound).

Bruce Brown menyumbang 15 poin, Blake Griffin mengemas 13 poin, sedangkan DeAndre Jordan melakukan 11 rebound untuk Brooklyn.

Baca juga: Paul George pimpin Clippers tundukkan Houston Rockets
Baca juga: Jamal Murray jalani operasi perbaikan jaringan lutut


Pemain Boston Jayson Tatum memimpin dengan perolehan 38 poin. Kemudian Rookie Payton Pritchard mencetak enam lemparan tiga angka dan mengumpulkan 22 poin dan Marcus Smart menyumbang 19 poin. Celtics melakukan 40,4 persen tembakan secara keseluruhan dan membuat 17-dari-42 lemparan jarak jauh.

Nets unggul meski bermain tanpa Kevin Durant yang absen pada gim ketiganya secara berturut-turut karena cedera paha kiri. Awalnya, ia diyakini akan tampil pada laga malam itu, namun kemudian tim memutuskan untuk tetap mengistirahatkannya beberapa jam sebelum pertandingan dimulai. Durant diperkirakan akan kembali bertanding pada Minggu (Senin WIB) saat menjamu Phoenix Suns.

Sementara itu, Boston sejauh ini hanya menderita tiga kekalahan dalam 12 pertandingan terakhir dan menduduki peringkat keenam dengan selisih satu gim di belakang Atlanta Hawks. Malam itu, Celtics bermain tanpa Jaylen Brown yang mengalami nyeri bahu kiri dan juga Kemba Walker.

Nets memimpin 94-77 melalui tembakan dari Mike James dengan sisa waktu 10:09, namun Boston terus menyerang dan membuat kedudukan menjadi 95-98 lewat tripoin Tatum saat waktu tersisa 3:32.

Dua lemparan bebas dari Landry Shamet mengubah kedudukan Celtics menjadi 99-105 dengan 26 detik tersisa, dan Tatum sempat mengkonversi sebuah umpan, namun gagal melakukan lemparan bebas saat waktu tinggal 6,4 detik.

Dua lemparan bebas dari Griffin kemudian mendongkrak perolehan poin Nets saat waktu tersisa lima detik. Pritchard lagi-lagi mencetak tripoin dan membawa Nets kian unggul 107-104. Jelang detik-detik terakhir, Irving memastikan kemenangan untuk Nets.

Baca juga: Cedera engkel, bintang Hawks Trae Young absen sedikitnya dua laga
Baca juga: Langgar aturan cedera, San Antonio Spurs didenda 25.000 dolar AS


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021