penyelenggara "Ramadhan Fest" akan melakukan kurasi terlebih dahulu untuk menentukan jenis produk UKM yang sesuai dalam gelaran tersebut
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengajak 60 usaha kecil menengah (UKM)  menggelar bazar melalui ajang "Ramadhan Fest" di Mall Grand Indonesia mulai Sabtu (1/5)  mendatang, guna mendorong ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Rencananya ada 60 UKM yang akan dibagi dalam beberapa termin untuk kami sediakan lapak dagangannya di Grand Indonesia," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Disparekraf DKI siapkan bazar daring khusus UMKM di bulan Ramadhan

Dalam acara "Ramadhan Fest" yang digelar mulai 1-9 Mei 2021, Pemkot Jakarta Pusat akan memamerkan hasil produksi rumahan dari para pelaku UKM yang sebelumnya telah terdaftar dalam "Jakpreneur".

Sebelumnya, penyelenggara "Ramadhan Fest" akan melakukan kurasi terlebih dahulu untuk menentukan jenis produk UKM yang sesuai dalam gelaran tersebut.

Baca juga: Disparekraf DKI gandeng hotel beri ruang untuk UMKM promosi batik

"Kriterianya yang benar benar hasil produksi sendiri, misalnya selendang, tempat kertas tisu, tatakan gelas, dan berbagai macam barang daur ulang yang bisa dijual kembali," kata Bakwan.

Mengingat pandemi COVID-19 yang masih mewabah, Pemkot Jakarta Pusat juga akan mengerahkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes) saat berjalannya acara.

Baca juga: Anggota DRD Jakarta minta Pemprov lindungi pedagang UMKM Rasuna Garden

Melalui pagelaran Ramadhan Fest ini, pelaku UKM diharapkan dapat meraup keuntungan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021