Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong pemerintah mengintensifkan inspeksi mendadak (sidak) produk makanan jelang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, karena penjualan makanan kedaluwarsa dan tanpa izin beredar biasanya semakin marak saat Ramadhan dan menjelang Hari Raya.

"Menjelang Lebaran, pemerintah memang sebaiknya mengintensifkan sidak makanan tanpa izin edar dan kedaluwarsa. Karena, pedagang sering kali memanfaatkan momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri agar dagangannya tetap laku terjual," tutur LaNyalla, dalam keterangan pers-nya di Surabaya, Selasa.

Ia juga mengapresiasi beberapa langkah pemerintah daerah yang sudah melakukan sidak terhadap produk makanan, seperti yang dilakukan di pasar modern di Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga: Ketua DPD RI dukung pemerintah perluas investasi di luar negeri

Baca juga: Ketua DPD ingatkan pengelolaan APBD berorientasi kesejahteraan rakyat


Bagi LaNyalla, keberadaan makanan kedaluwarsa dan tanpa izin bereda sangat merugikan konsumen, bahkan bisa membahayakan jika dikonsumsi, sehingga harus dicegah.

Ia mengatakan, dorongan sidak juga untuk memastikan para pedagang tidak menjual produk tanpa izin edar, kedaluwarsa, serta produk yang membahayakan lainnya.

"Dan untuk seluruh masyarakat, berhati-hatilah dalam berbelanja dan mengkonsumsi makanan menjelang Lebaran. Perhatikan produk makanan dengan detail, termasuk tanggal kedaluwarsa," tutur-nya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang ini juga mendorong BPOM untuk menginformasikan hal ini secara masif agar menjadi perhatian semua pihak.

Baca juga: Ketua DPD minta TNI/Polri tumpas KKB di Papua

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021