Masih ada ketersediaan di Bulog, pada kisaran 2.600 ton. Sementara kebutuhan Malang Raya itu kecil, sekitar 100 ton per hari
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang memastikan ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, pada saat perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah mencukupi, dan dalam kondisi aman.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa ketersediaan beras di gudang Perum Bulog Cabang Malang, saat ini masih mencukupi, dengan total stok sebanyak 2.600 ton, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Malang Raya.

"Masih ada ketersediaan di Bulog, pada kisaran 2.600 ton. Sementara kebutuhan Malang Raya itu kecil, sekitar 100 ton per hari," kata Sutiaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Menurut Sutiaji, dengan kebutuhan beras masyarakat yang terbilang tidak terlalu tinggi di wilayah Malang Raya tersebut, saat ini pasokan, dan stok beras masih dalam kondisi yang aman, dan mencukupi kebutuhan.

"Cadangannya di Bulog juga masih tersedia dengan bagus," kata Sutiaji.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Perum Bulog Malang, Dhanny Yudha mengatakan bahwa menjelang Lebaran 2021, stok beras di gudang Bulog Malang, dalam kondisi yang aman, bahkan akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga perayaan Natal 2021.

"Kami memiliki sekitar 2.600 ton. Sudah ada beras-beras baru untuk wilayah Malang. Karena, kebutuhan untuk Kota Malang relatif kecil. Sehingga, (ketersediaan stok) bisa sampai akhir tahun," kata Dhanny.

Selain beras, Bulog Cabang Malang menyatakan bahwa untuk pasokan stok minyak goreng, dan tepung juga tersedia dalam jumlah yang banyak. Selain itu, harga komoditas penting seperti gula, juga terpantau masih stabil.

"Stok minyak dan tepung cukup banyak dan harga cukup stabil," kata Dhanny.

Untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga menjelang datangnya perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah, Perum Bulog Cabang Malang akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

"Nanti akan kami koordinasikan lagi. Jika ada kenaikan harga, dan jika dibutuhkan pasar murah, kami mengikuti sesuai dengan permintaan daerah saja," kata Dhanny.

Sebagai catatan, total stok beras yang dikuasai Perum Bulog Cabang Malang mencapai 15 ribu ton beras. Dengan total stok tersebut, akan mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja Perum Bulog Malang mulai dari Malang Raya hingga Kabupaten, dan Kota Pasuruan.

Saat ini, Perum Bulog Cabang Malang juga tengah melakukan pengadaan untuk menambah pasokan beras. Pada 2021, target penyerapan beras dari Perum Bulog Cabang Malang ditetapkan sebesar 17 ribu ton.

Baca juga: Bulog Malang pastikan stok beras aman jelang Ramadhan
Baca juga: Bulog Malang kesulitan salurkan beras kualitas medium
Baca juga: Menko PMK cek ketersediaan beras bansos di gudang Bulog Malang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021