Sekarang lebih banyak yang minta dari pada persediaan vaksin
Temanggung (ANTARA) - Minat masyarakat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 pada Ramadhan 1442 Hijriah tetap tinggi, kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim.

"Selama bulan Ramadhan ini Dinas Kesehatan tetap melayani vaksinasi yang dilakukan di puskesmas, rumah sakit maupun klinik, terutama untuk melanjutkan vaksinasi dosis kedua," katanya di Temaggung, Kamis.

Ia menyampaikan pelayanan vaksinasi dilakukan pada siang hari maupun malam hari. Kegiatan vaksinasi malam hari, antara lain telah dilakukan di Puskesmas Banjarsari, Traji, Temanggung, dan Dharmorini.

"Sekarang diutamakan lansia untuk meneruskan dosis kedua, kebetulan jatuh pada bulan Ramadhan, mereka minat sekali untuk segera mendapat dosis kedua," katanya.

Begitu juga permintaan vaksinasi dosis pertama, katanya, banyak yang minta didahulukan, namun karena jumlah vaksin terbatas maka tetap ditunda dan masyarakat harus antre mendapatkan layanan vaksin.

Baca juga: Sumatera Selatan gencarkan vaksinasi COVID-19 selama bulan Ramadhan

Khabib menyampaikan di samping lansia, sudah banyak yang mendaftar untuk pelayanan publik secara organisasi atau institusi.

Ia menyampaikan kebijakan awal memang setelah tenaga kesehatan kemudian untuk pelayan publik kemudian baru lansia, namun dinamika perkembangan kebijakannya kemudian diprioritaskan untuk lansia dulu.

"Sekarang prioritas untuk lansia, tetapi permintaan pelayanan publik masih banyak, kami tetap prioritaskan lansia sesuai kebijakan dari pusat," katanya.

Ia menyampaikan layanan vaksinasi bulan Ramadhan ini tidak setiap hari dilakukan karena jumlah vaksin terbatas, mungkin dalam minggu-minggu ini dapat droping vaksin.

"Sekarang lebih banyak yang minta dari pada persediaan vaksin," katanya.

Ia menyebutkan di Kabupaten Temanggung yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 23.933 orang dan dosis kedua sekitar 20.400 orang. 

Baca juga: Dunia usaha sebut vaksinasi pulihkan transaksi saat Ramadhan
Baca juga: Ramadhan sampai Lebaran, stok vaksin di Cianjur-Jabar dipastikan cukup
Baca juga: Satgas: Vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan aman tidak batalkan puasa

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021