jangan ragu terhadap komitmen Pemerintah Aceh terhadap aksi kemanusiaan
Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan satu unit mobil donor darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh dalam upaya memaksimalkan kegiatan kemanusiaan yang dijalankan organisasi tersebut.

“Penyerahan satu mobil unit donor darah ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Aceh terhadap aksi kemanusiaan yang dijalankan PMI Kota Banda Aceh,” kata Nova Iriansyah di sela-sela menyerahkan mobil donor darah di Banda Aceh, Kamis.

Bantuan Pemerintah Aceh itu diserahkan kepada Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni di Halaman Kantor PMI Banda Aceh.

Ia menjelaskan kehadiran sarana tersebut dapat membantu dan mempermudah PMI dalam memenuhi persediaan darah di PMI, sehingga masalah kelangkaan darah dapat terus diminimalisir.

“Saya berharap mobil tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya untuk operasional kemanusiaan PMI,” katanya.

Baca juga: Markas PMI Aceh segera direhabilitasi total untuk jaga aset

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Aceh juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan PMI yang telah bekerja tanpa pamrih, dalam melaksanakan aksi kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat.

“Bekerja di PMI dengan rasa tanpa pamrih harus dipertahankan, ini mendapat pahala dari Allah. Sedikit saja tujuannya bergeser dari tanpa pamrih dan nirlaba, maka kerja keras bapak ibu tidak ada gunanya, akan hampa,” kata Nova.

Nova Iriansyah juga merasa bangga kepada PMI Kota Banda Aceh atas integritas mereka dalam mengelola anggaran bantuan yang diberi Pemerintah Aceh pada tahun 2020 lalu. Di mana anggaran sebesar Rp6 miliar yang dianggarkan untuk membeli peralatan dan fasilitas penunjang kerja PMI itu tersisa dan mampu disisihkan untuk membeli satu unit mobil donor darah tersebut.

Karena itu, Gubernur merasa layak untuk kembali memberi bantuan satu unit ambulans donor darah kepada PMI sebagaimana permintaan Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman.

“Jangan ragu terhadap komitmen Pemerintah Aceh terhadap aksi kemanusiaan. Selama ini kami juga telah mengorganisir aparatur Pemerintah Aceh untuk melakukan donor darah secara rutin,” ujar Nova.

Baca juga: PMI Pusat minta warga Rohingya di Aceh diberdayakan

Usai menyerahkan bantuan, Gubernur langsung melakukan uji coba mobil tersebut dengan mendonorkan darahnya.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Aceh atas bantuan satu unit mobil donor darah kepada PMI Kota Banda Aceh.

Menurutnya, Pemerintah Aceh memiliki komitmen yang kuat terhadap pekerjaan kemanusiaan yang dilakukan PMI selama ini. Mulai dari aksi donor rutin ASN hingga pemberian bantuan untuk peralatan PMI yang mereka terima tersebut.

“Alhamdulillah pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Aceh menganggarkan bantuan Rp6 miliar lebih untuk belanja peralatan PMI dan ini sudah kita belanjakan. Pak Gubernur dan Pak Sekda juga sudah melihat langsung peralatannya,” kata Qamaruzzaman.

Qamaruzzaman menyebutkan, setidaknya ada 18 item peralatan yang mereka belanjakan dari anggaran bantuan tersebut. Proses penggunaan anggaran tersebut dilakukan seefisien mungkin hingga menyisihkan dana yang cukup untuk membeli satu unit mobil donor darah.

“Alhamdulillah dari hasil belanja alat-alat tersebut kita bisa menyisihkan untuk membeli satu unit mobil donor darah,” kata dia.

Qamaruzzaman menjelaskan, setiap harinya PMI Kota Banda Aceh hampir rata-rata melayani pendonor mencapai 100 orang.

Baca juga: IOM-PMI Lhokseumawe cek kesehatan ratusan Muslim Rohingya di Aceh
Baca juga: Menipis dampak COVID-10, Gubernur Aceh Ajak masyarakat donor darah


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021