Polda Kalsel amankan 827 TPS PSU pilgub

Polda Kalsel amankan 827 TPS PSU pilgub

Anggota Polresta Banjarmasin saat mengamankan TPS pada PSU Pilwali Banjarmasin. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) bersiap mengamankan 827 tempat pemungutan suara (TPS) untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang akan dilakukan pada tujuh kecamatan dari tiga kabupaten dan kota di Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, di Banjarmasin, Jumat, mengatakan kini pihaknya mengalihkan fokus pengamanan pada PSU Pilgub Kalsel yang rencananya dilaksanakan 9 Juni 2021 dengan daftar pemilih tetap sebanyak 266.757 orang.

Sebelumnya, Polda Kalsel mengawal pelaksanaan PSU Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, dan telah berjalan dengan baik dan aman.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyukseskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Walikota (Pilwali) Banjarmasin. Alhamdulillah semua bisa berjalan lancar, partisipasi masyarakat tinggi dan kondisi aman terkendali," katanya pula.

Menurut dia, suksesnya pelaksanaan PSU membuktikan kedewasaan masyarakat dalam berpolitik semakin baik sebagaimana harapan di setiap pesta demokrasi.

"Antusias masyarakat memberikan hak suaranya datang ke TPS jadi bukti bahwa pilkada hanyalah sebuah pesta yang seyogianya disambut riang gembira. Berbeda pilihan adalah hal biasa yang penting tetap bersatu dalam damai," ujarnya pula.

Rikwanto menilai semua pihak yang terlibat termasuk aparat TNI-Polri mengawalnya, mulai proses distribusi logistik pilkada hingga pengamanan TPS, sudah terlaksana sesuai rencana awal.

Meski tak ada potensi gejolak yang mencuat, namun Rikwanto menegaskan pihaknya tak mau ambil risiko apalagi meremehkan, sehingga setiap TPS dijaga dua polisi sudah dirasa tepat pada PSU.

"Operasi pengamanan PSU Pilwali Banjarmasin selama tiga hari telah berakhir. Semua anggota yang sebelumnya bersiaga telah kembali bertugas normal di satuan fungsi masing-masing, termasuk TNI yang juga memback up penuh," katanya lagi.

Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel kembali memperebutkan suara rakyat pada PSU Pilgub Kalsel. Paslon petahana nomor urut 1 Sahbirin Noor dan Muhidin ditantang paslon nomor urut 2 Denny Indrayana dan Difriadi Derajat.

Sedangkan untuk Kota Banjarmasin digelar pada seluruh TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu sebanyak 301 TPS.

Kemudian Kabupaten Banjar terdiri dari Kecamatan Sambung Makmur 27 TPS, Kecamatan Aluh-Aluh 63 TPS, Kecamatan Martapura 265 TPS, Kecamatan Mataraman 62 TPS, dan Kecamatan Astambul 85 TPS.

Mahkamah Konstitusi dalam putusannya juga memerintahkan PSU pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.
Baca juga: Polda Kalsel petakan potensi kerawanan PSU Pilgub
Baca juga: Kapolda Kalsel minta ANTARA jadi media penyejuk jelang PSU

Pewarta : Firman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021