Selepas gerbang keluar Tol Karawang Timur arah jalan arteri pantai utara (pantura) Jawa juga terpantau ramai lancar. Kendaraan sepeda motor dan truk banyak melintas di ruas jalan ini.
Karawang, Jabar (ANTARA) - Arus kendaraan di jalan tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar dan tampak belum ada kepadatan lalu lintas dari dan mengarah ke Cikopo-Palimanan pada H-2 pengetatan mudik Idul Fitri (Lebaran) 1422 Hijriah/2021 Masehi, Selasa.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, kendaraan yang melintas didominasi mobil pribadi dan truk logistik dengan kecepatan rata-rata 60-80 kilometer per jam.
 
Gerbang masuk Tol Karawang Barat belum terlihat ada posko penyekatan yang dibangun petugas setempat.
 
Pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021, semua kendaraan angkutan penumpang mulai dari mobil pribadi, bus hingga sepeda motor dilarang beroperasi.
 
Jika masyarakat melanggar, maka petugas akan memberikan sanksi berupa putar balik ataupun hukuman sesuai ketentuan berlaku.
 
Kebijakan itu dilakukan guna mencegah penularan COVID-19 yang sering naik saat libur panjang.
 
Meski pemerintah tegas melarang mudik, namun ada beberapa jenis kendaraan yang tetap diperbolehkan melintas, yakni kendaraan pelayanan distribusi logistik, keperluan kerja atau dinas, kunjunyan keluarga sakit, kunjungan keluarga duka, ibu hamil dengan didampingi satu anggota keluarga, dan kepentingan persalinan.

Baca juga: Jubir Wapres: Usulan mudik bagi santri berlaku selama masa pengetatan

Baca juga: Pengetatan mudik, penumpang bus Terminal Pulogebang tak terpengaruh

Baca juga: Polda Metro perketat titik sekat mudik Kabupaten Bekasi

Baca juga: Jumlah penumpang di Terminal Lebak Bulus stabil saat mudik diperketat

Baca juga: Pengetatan syarat transportasi, KAI: Perjalanan kereta masih normal

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021