surat bebas COVID-19 untuk syarat perjalanan
Kulon Progo (ANTARA) - Jumlah pemudik yang tiba di Terminal B Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih terpantau landai meski larangan mudik masih akan terjadi pada Kamis, 6 Mei 2021.

Kepala Sub Terminal Wates Dinas Perhubungan DIY Yuniarti di Kulon Progo, Selasa, mengatakan animo penumpang yang menggunakan transportasi bus terpantau masih landai.

"Dimungkinkan akan tiba hari ini atau Rabu (5/5) atau sebelum 6 Mei ini," kata Yuniarti.

Ia mengatakan berdasar dari hasil rekapitulasi jumlah penumpang periode 26 April - 2 Mei 2021, angka keberangkatan jurusan Yogyakarta - Purwokerto mencapai 178 penumpang.

Kemudian untuk untuk keberangkatan tujuan Yogyakarta - Jakarta atau Sumatera mencapai 1.694 penumpang. Lalu kedatangan dari Purwokerto - Yogyakarta mencapai 119 penumpang. Sementara jumlah kedatangan dari Jakarta - Yogyakarta dan Sumatera - Yogyakarta mencapai 1.406 penumpang.

"Semua agen bus sudah mewajibkan calon penumpang untuk menyertakan surat bebas COVID-19 untuk syarat perjalanan," katanya.

Baca juga: Terminal Lebak Bulus catat kenaikan pemudik hingga 115 persen
Baca juga: Pengetatan mudik, Terminal Tirtonadi tes GeNose seluruh penumpang


Salah satu agen tiket bus PO. Sinar Jaya, Sidiq Nuradi mengatakan sampai saat ini penjualan tiket bus memang sangat sepi. Dalam sehari, dia mengaku hanya mampu menjual 2-5 tiket. Jumlah itu terbilang sangat sedikit untuk penjualan tiket. PO. Bus Sinar Jaya merupakan salah satu penyedia bus yang melayani perjalanan dari Yogyakarta menuju Jabodetabek dan Lampung.

"Kami memiliki sembilan armada bus, namun hanya satu armada yang diaktifkan karena sepinya penumpang. Penumpang yang memanfaatkan jasa transportasi darat bus sampai saat ini memang sepi. Tentu saja penyebabnya karena kondisi pandemi COVID-19," kata Sidiq.

Baca juga: Ratusan santri asal Bali dipulangkan melalui Terminal Mengwi-Badung
Baca juga: Kedatangan penumpang di Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung naik

Pewarta: Sutarmi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021