Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional, Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) berkolaborasi bersama platform video singkat TikTok dengan menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar.

Peluncuran buku ini merupakan rangkaian kolaborasi TikTok Indonesia dengan untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara yang kreatif.

"Kolaborasi antar pihak menjadi kunci kelancaran kegiatan belajar baik di rumah atau di sekolah. Guru dan orangtua atau wali yang menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan pun perlu selalu beradaptasi dan berinovasi share peserta didik tetap semangat menimba ilmu," kata Ketua Umum, Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 dan Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia, Muhammad Ramli Rahim, melalui keterangannya pada Rabu.

"Buku panduan dari TikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh tenaga pengajar dan orangtua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif," imbuhnya.

Ini juga dinilai sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 mulai bulan Juli 2021, kegiatan pembelajaran diwajibkan untuk menggabungkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sehingga, kerja sama antar guru di sekolah dengan orangtua atau wali yang menjadi pengajar di rumah pun menjadi semakin penting untuk menyukseskan kegiatan belajar bagi peserta didik.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tips untuk membuat konten di TikTok, seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur TikTok yang dapat membuat konten edukasi lebih menarik beserta video contoh yang diberikan oleh salah satu kreator TikTok, kemudian tips bagaimana memaksimalkan akun TikTok beserta ragam konten edukasi yang ada di TikTok.

Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan yang menarik, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dasar dalam menghasilkan konten di platform TikTok.

"Program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional tahun lalu memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar dimana saja dan kapan saja melalui video singkat," kata Head of Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra.

"Hadirnya Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini telah mengejewantahkan misi kami tersebut, sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di TikTok," imbuhnya.

Sebelumnya, TikTok Indonesia sudah berkolaborasi dengan IGI dan JSDI menyelenggarakan webinar pelatihan kepada lebih dari 2000 guru di 10 wilayah di Indonesia, dari Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur, hingga Papua, mengenai konten edukasi di TikTok.

Sementara itu, buku Panduan #SamaSamaBelajar dapat diakses secara gratis di halaman website Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia mulai tanggal 5 Mei 2021.


Baca juga: Guru kembangkan kreativitas mengajar melalui konten media sosial

Baca juga: Konten edukasi di TikTok kian diminati, raih 56 miliar penayangan

Baca juga: TikTok edukasi banyak diminati hingga Zoom bisa buat wajah lebih tua

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021