Bogor (ANTARA News) - Iris Gasparin, turis asal Italia, Jumat, mendatangi Pabrik Gong Pancasan, Kota Bogor untuk mengamati pembuatan gamelan tradisional khas Nusantara tersebut.

Dalam perbincangan dengan ANTARA di Bogor, Jumat, Iris Gasparin mengaku mendatangi Pabrik Gong Pancasan karena ingin melihat dari dekat pabrik dan cara pembuatan gong di Pancasan.

"Saya ingin melihat-lihat dan menelaah pembuatan gong, karena ini merupakan kerajinan yang unik," kata Iris.

Iris mendatangi Pancasan bersama suaminya, Paulo Gasparin, dan selama sekitar dua jam mereka  berada di areal pabrik dan gudang gong Pancasan.

"Saya senang mengamati berbagai benda-benda kuno warisan kebudayaan masa lalu. Pabrik Gong Pancasan ini sangat unit dan menarik," ujar Iris, haru.

Iris mengemukakan, kedatangannya ke Pancasan bersama suaminya selain untuk menelaah kerajinan pembuatan gong juga sebagai wahana untuk mencari inspirasi lagunya.

"Suami saya seorang musisi. Kami datang ke Pabrik Gong Pancasan untuk mencari inspirasi pembuatan lagu," papar Iris Gasparin.

Paulo Gasparin sendiri mengaku sangat menikmati berada di areal pabrik gamelan tradisional, karena suasananya sangat menyenangkan da penuh inspirasi.(*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010