Cegah kerumunan, zakat ASN ke lansia-janda-yatim di Babel simbolis

Cegah kerumunan, zakat ASN ke lansia-janda-yatim di Babel simbolis

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyerahkan zakat penghasilan aparatur sipil negara (ASN) kepada ratusan masyarakat lanjut usia (lansia), janda, anak yatim piatu secara simbolis, guna menghindari kerumuman massa di tengah pendemi COVID-19 di Kabupaten Bangka, Kamis (6/5/2021). ANTARA/Aprionis.

Bangka, Babel (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyerahkan zakat penghasilan aparatur sipil negara (ASN) kepada ratusan masyarakat lanjut usia (lansia), janda, anak yatim piatu secara simbolis, guna menghindari kerumuman massa di tengah pendemi COVID-19.

"Protokol kesehatan harus diutamakan dan lebih ditingkatkan untuk menekan kasus COVID-19 yang meningkat selama Ramadhan 1442 Hijriah ini," katanyan saat menyerahkan zakat ASN Pemprov Kepulauan Babel di Masjid Nurul Iman Desa Nibung, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Kamis.

Ia mengatakan penyerahan santunan zakat ASN kepada ratusan lansia, para janda, dan anak yatim masing-masing Rp500 ribu ini merupakan kegiatan rutin Safari Ramadhan pemerintah provinsi, guna meringankan beban masyarakat kurang mampu menyambut Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Uang zakat ini per orangnya dapat Rp500.000, uang ini jangan dibelanjakan pada hal yang tidak penting, belanjakan untuk kebutuhan sehari-hari," kata Bang ER, panggilan akrab Gubernur Babel itu.

Ia bersyukur dan senang bisa bersilaturahmi dengan tokoh agama, masyarakat dan warga desa, sehingga bisa melihat secara langsung kondisi masyarakat di desa tersebut.

"Saya bersyukur sekali bisa ketemu dengan warga di sini, karena selaku kepala pemerintah daerah di Babel saya harus mengetahui keadaan warga di sini, dengan demikian kita bisa menyerap aspirasi masyarakat," katanya.

Ia berharap masyarakat lebih disiplin menerapkan prokes, karena orang yang terjangkit COVID-19 tiap hari cenderung meningkat.

"Masyarakat harus lebih disiplin memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan massal. Oleh karena itu, kami adakan Safari Ramadhan di siang hari," kata Erzaldi Rosman Djohan.

Ketua Masjid Nurul Iman Desa Nibung, Zulham mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, karena kehadiran orang nomor satu di Babel ini sangat diharapkan warga.

"Terima kasih bapak gubernur datang ke desa kami, karena kehadiran gubernur sudah di nanti-nantikan oleh warga. Dengan kehadiran gubernur, banyak hal yang ingin kami sampaikan di antaranya, minta bantuan rehabilitasi masjid. Karena masjid sudah bocor dan minta bantuan lainnya," katanya. 

Baca juga: Baznas Babel survei ulang penerima zakat

Baca juga: Pemprov Babel wajibkan ASN laporkan riwayat kesehatan

Baca juga: Kontak ASN positif, tiga staf Diskoinfotik Bangka tertular COVID-19

Baca juga: Baznas Bangka tetapkan zakat fitrah Rp32.500 per jiwa
Pewarta : Aprionis
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021