Mendagri ajak wisatawan domestik kunjungi Lagoi di Bintan

Mendagri ajak wisatawan domestik kunjungi Lagoi di Bintan

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad tengah menikmati alam laut di Kepulauan Riau. ANTARA/Ogen/am.

Bintan (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak wisatawan domestik untuk berwisata di Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, di tengah minimnya kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu karena imbas pandemi COVID-19.

Tito menyebut kawasan wisata bertaraf internasional itu sangat nyaman buat dikunjungi wisatawan domestik. Ada banyak pilihan wisata mulai dari wisata laut, tracking, hingga golfing.

"Ini waktu yang tepat bagi wisatawan domestik datang ke Lagoi. Kalau tak ada pandemi, pasti ramai dikunjungi turis asing," kata Tito Karnavian saat berkunjung ke Lagoi, Ahad.

Baca juga: Lagoi berhias di tengah amukan COVID-19

Tito menyampaikan kondisi Lagoi saat ini sepi dari kunjungan wisman, padahal selama ini wilayah itu sangat mengandalkan kunjungan wisman asal Singapura dan Malaysia.

Sementara itu, kata dia, dua negara tersebut belum memperbolehkan warganya melakukan perjalanan wisata antarnegara menyusul lonjakan kasus COVID-19.

"Imbasnya, industri wisata di Kepri sangat terdampak. Kalau sektor lain, masih bisa survive," ujarnya.

Baca juga: Sikapi larangan mudik, Bali incar wisatawan lokal dengan prokes ketat

Mantan Kapolri itu berharap ada penerapan travel bubble antara Singapura dan Kepri, yang paling memungkinkan ialah Singapura dan Lagoi.

Kendati begitu, lanjutnya, ada syarat yang harus dipenuhi Lagoi yaitu zero transmisi COVID-19.

"Tapi tetap tergantung Singapura, kalau negara itu zero transmisi COVID-19, mungkin mereka mau," ujar Tito.

Tito memastikan Kemendagri dan kementerian terkait akan mendorong travel bubble Singapura dan Kepri dapat terlaksana dalam waktu dekat untuk menggairahkan roda perekonomian daerah setempat.

 
Pewarta : Ogen
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021