warga berburu pakaian "branded" bekas
Jakarta (ANTARA) - Pusat perdagangan Pasar Senen terpantau padat sebagian pada  Senin (6/5)  atau H-3 sebelum lebaran yang diprediksi jatuh pada tanggal 13 Mei 2021.

Dari pantauan ANTARA  lokasi yang padat itu berada di Lantai empat atau lantai dua Pasar Senen Blok III yang dikenal masyarakat sebagai sentra penjualan baju merek luar negeri bekas berkondisi layak.

Baca juga: Jakarta kemarin, Pasar Tanah Abang ramai hingga patroli laut

Di lantai tersebut, terlihat para pengunjung memadati lorong dan toko di lantai empat tersebut memilih pakaian yang akan dibeli dengan harga per potongnya sekitar Rp20 ribu dan Rp50 ribu untuk tiga potong.

Andri (37) mengaku tiap tahun memang mencari pakaian untuk stok saat lebaran di lokasi yang dikenal menawarkan pakaian "branded" internasional tersebut.

Baca juga: Penjual ketupat mulai jajakan dagangan di Pasar Senen jelang Lebaran

"Iya, hampir tiap tahun saya cari pakaian di sini, lumayan harga miring tapi pakaiannya branded. Terkait kondisi pakaian sih kita asal hati-hati dan dicuci dulu aman," kata Andri.

Terkait dengan kondisi pertokoan yang padat, Andri mengaku dirinya berhati-hati dengan terus menggunakan masker dan rajin memakai hand sanitizer.

"Ya jangan dibuka paling maskernya, sanitizer dibawa dan rajin dipakai," ucapnya.
Situasi Pasar Senen Blok III lantai empat atau lantai dua, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021). (Antara/Ricky Prayoga)


Meski terlihat padat, pedagang di Blok III Pasar Senen mengaku penjualan mereka mengalami penurunan pada tahun ini mengingat kondisi pandemi dan kebijakan pelarangan mudik.

"Mengalami penurunan tahun ini, gak sama seperti dua tahun ke belakang. Mungkin karena COVID-19 dan banyak yang sudah pulang juga," kata Tompel, salah satu pedagang pakaian besar saat ditemui di lokasi.

Baca juga: Pasar Senen Jaya terpantau masih ramai H-7 lebaran

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat agar berbelanja kebutuhan Lebaran dilakukan secara dalam jaringan (daring).

"Ini agar tersebar dan bisa dilakukan juga belanja secara 'online', tidak harus secara fisik, Tanah Abang juga bisa daring," kata Riza, di Jakarta, Selasa (4/5).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021