Di pintu masuk mal akan dijaga petugas kepolisian, TNI, dan Pemda
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya akan menempatkan personel di mal dan pusat perbelanjaan selama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Di pintu masuk mal akan dijaga petugas kepolisian, TNI, dan Pemda. Kita sistemnya buka tutup. Kalau sudah penuh tidak boleh ada yang masuk lagi. Tunggu yang keluar  sesuai aturan, bisa 20 persen, 30 persen, nanti bagaimana kebijakan dari pemerintah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Senin.

Baca juga: Jakpus antisipasi potensi kerumunan menjelang perayaan Idul Fitri

Yusri mengatakan mal dan pusat perbelanjaan akan dikawal personel gabungan karena rawan terjadi kerumunan pengunjung selama perayaan Idul Fitri.

Personel gabungan tersebut disiapkan sebagai antisipasi dan memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik di dalam mal selama masa Lebaran.

"Karena ada peraturan PPKM skala mikro. Jangan jadi klaster. Karena setelah lebaran itu biasanya orang ramai datang ke mal," ujarnya.

Baca juga: Picu kerumunan, satu toko di Mall Thamrin City ditutup sementara

Pengamanan tersebut disiapkan untuk mencegah terulangnya kejadian membeludaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/5).

Kejadian itu bahkan membuat terjadinya kerumunan tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman langsung menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu.

Baca juga: Cegah kerumunan, Stasiun Tanah Abang tak sediakan layanan KRL

Pemprov DKI Jakarta bahkan melakukan perubahan jam operasional Pasar Tanah Abang, buka tutup pasar, rekayasa lalu lintas serta pembatasan jam operasional Stasiun Tanah Abang sebagai antisipasi agak membludaknya pengunjung Pasar tidak terulang.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021