Pemerintah terus mendukung perkembangan start up digital di Indonesia, tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain adalah hal krusial karena ekonomi digital di Indonesia masih bisa tumbuh di tengah pandemi COVID-19.

"Di tengah pandemi COVID-19 dan sulitnya ekonomi membuat dunia terpukul terutama coworking space. Pandemi  ini juga melemahkan ekonomi Indonesia seperti start up dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), jadi solusinya adalah teknologi digital untuk melahirkan peluang dan profesi," ujar Sandi dalam acara Webinar Cara Baru Bekerja di Era New Normal bertajuk "Menciptakan Ekosistem Bisnis Perkantoran untuk Industri Digital dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Senin.

Menurutnya, infrastruktur ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain menjadi hal yang teramat penting. Pemerintah terus mendukung perkembangan start up digital di Indonesia, tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator.

"Perlu ruangan kantor yang fleksibel sebagai pemanfaatan teknologi digital seperti yang dinaungi oleh Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama (Perjakbi). Dengan jasa kantor bersama, para pengusaha dapat terus mengembangkan bisnisnya dengan lebih efisien," ucapnya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Jelang Lebaran, Menparekraf imbau masyarakat disiplin prokes

Sebagai salah satu sektor yang kuat dalam menghadapi krisis, tambahnya, pemerintah berharap ekonomi digital dapat terus bertumbuh.

Sandi mengatakan pemerintah terus berkomitmen dan mendukung perkembangan start up digital, selain jadi regulator juga sebagai fasilitator dengan cara mendorong kewirausahaan digital, juga, mempercepat dan mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia.

"Pemanfaatan coworking space ini sebuah konsep yang sudah lama ada diformalkan. Konsep berbagi itu ada di budaya kita yaitu gotong royong buat para rintisan. Kita harus jeli, tingkat variasi pengguna membuka akses networking dan peluang untuk kolaborasi. Konsep virtual office dan cloud computing juga menjadi solusi yang efisien dan efektif bagi bisnis UMKM," ujarnya.

Baca juga: Kemenparekraf: Kolaborasi kunci perkuat ekosistem ekonomi digital

Oleh karena itu, lanjutnya, Kemenparekraf selama beberapa tahun belakangan fokus meningkatkan peran start up digital dalam mengembangkan potensi masyarakat.

Dia berharap semua dapat berperan dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada guna mendukung dan mendorong ekosistem start up digital Indonesia untuk merealisasikan optimisme ekonomi nasional 2021.

"Saya yakin kehadiran Menara Office yang berada di bawah naungan Perjakbi beserta Amazon Web Services (AWS) yang menjadi partnernya sebagai penyedia jasa cloud computing dapat membantu meningkatkan ekosistem digital di Indonesia. Kita mengajak saling berkolaborasi dan bersinergi, diharapkan menghasilkan beberapa manfaat dalam berinovasi melawan Covid-19. Mari bangkitkan ekonomi Indonesia," katanya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021