Jakarta (ANTARA) - PT. Kawasan Industri Medan (Persero) atau KIM dan PT. Balai Pustaka (Persero) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of undestanding (MoU) mengenai KIM EXPO 2021 yang akan digelar pada Oktober 2021 di Medan dan Deli Serdang dalam rangka menarik minat investor.

"KIM Expo 2021 yang direncanakan pada  7-10 Oktober 2021 dalam bentuk pameran merupakan wahana ekspresi potensi para tenant KIM yang selama 30 tahun lebih telah bekerja keras memproduksi barang dan jasa dari Sumatera Utara. Untuk pertama kalinya pelaku usaha dari dalam dan luar negeri dapat melihat produk, proses dan sistem kerja di KIM sebagai satu kesatuan kawasan," ujar Direktur Utama PT Kawasan Industri Medan, Ngurah Wirawan dalam acara penandatanganan nota kesepahaman secara virtual di Jakarta, Selasa.

Dia juga menambahkan, termasuk mengintip proses produksi beberapa industri dalam program factory visit sebagai bagian dari opsi ekspansi bisnis, kolaborasi, inovasi dan efisiensi sampai pembelajaran.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Balai Pustaka Achmad Fachrodji menyampaikan bahwa Balai Pustaka percaya kerjasama dengan KIM merupakan langkah yang tepat dalam pengembangan potensi masing-masing perusahaan.

KIM EXPO 2021 sendiri hadir sebagai sarana yang tepat untuk berinvestasi dan mengembangkan industri, dan diharapkan para pelaku usaha dapat secara optimal memanfaatkan kesempatan serta peluang yang ada di acara tersebut.

Achmad mengatakan bahwa di tengah kondisi pandemi saat ini pun, Balai Pustaka akan berusaha keras bersama Kawasan Industri Medan untuk menggelar KIM EXPO 2021.

"Saya usahakan yang hadir nanti bukan hanya anggota klaster Danareksa-PT Perusahaan Pengelola Aset, namun juga seluruh perusahaan BUMN," katanya.

Acara penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Direktur Utama Balai Pustaka Achmad Fachrodji dengan Direktur Utama Kawasan Industri Medan Ngurah Wirawan.

Bekerja sama dengan Balai Pustaka dalam penyelenggaraannya, tahun ini adalah pertama kalinya KIM menggelar KIM EXPO 2021 dengan tujuan untuk menjadi wadah bertemunya para investor dari berbagai negara yang ingin berinvestasi di Kawasan Industri Medan.

Selain itu para investor yang ingin bekerja sama dengan perusahaan nasional maupun internasional yang ada di Kawasan Industri Medan juga dapat saling bertemu dan menjajaki potensi kerja sama yang tentunya akan bermanfaat bagi semua pihak.

Sejalan dengan program Pemerintah Daerah Sumatera Utara, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Utara serta Kementerian Investasi/BKPM, maka KIM EXPO 2021 juga akan diselaraskan dengan North Sumatera Investment & Business Forum (NSIBF) yang juga mengundang puluhan investor asing dan berlangsung dalam waktu bersamaan untuk meningkatkan realisasi investasi melalui kegiatan promosi dalam rangka peningkatan perekonomian Sumatera Utara.

"Kami di Danareksa sangat mengapresiasi diselenggarakannya Penandatanganan Nota Kesepahaman KIM EXPO 2021 dapat terlaksana dengan lancar, sukses serta memberikan dampak yang signifikan bagi PT Kawasan Industri Medan (Persero) khususnya, dan umumnya bagi Indonesia," ujar Direktur Investasi PT Danareksa (Persero), Andry Setiawan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021