Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih momentum tingkatkan keharmonisan

Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih momentum tingkatkan keharmonisan

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan (baju putih) saat meninjau masjid sebelum Ibadah Idul Fitri di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pemkab Kapuas Hulu/am.

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengatakan perayaan dalam waktu yang bersamaan, yakni Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, pada tahun ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan keharmonisan serta kerukunan antarumat beragama, terutama di daerah itu.
 
"Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih sama-sama bertepatan pada 13 Mei 2021, saya rasa ini suatu momentum mempererat keharmonisan dan kerukunan umat beragama," kata dia di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.
 
Ia mengemukakan bahwa patut disyukuri masyarakat setempat karena selama ini selalu hidup berdampingan dalam suasana kekeluargaan di antara mereka yang berasal dari berbagai suku, agama, ras, dan golongan.
 
Menurut dia, keharmonisan dan kerukunan selama ini harus tetap dijaga bersama, tanpa memandang perbedaan.
 
"Sesuai visi misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, yaitu 'Kapuas Hulu Hebat', salah satunya adalah harmonis, saya dan Pak Wakil Bupati tidak memandang perbedaan agama, suku, maupun golongan, kami milik seluruh masyarakat Kapuas Hulu," ucap dia.
 
Ia juga bersyukur bahwa pelaksanaan ibadah Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih juga berjalan dengan aman dan lancar, serta mematuhi protokol kesehatan.
 
"Kita patut bersyukur semua sudah berjalan dengan lancar serta masyarakat sudah mematuhi protokol kesehatan dan situasi Kapuas Hulu aman dan kondusif. Kami sampaikan terima kasih kepada TNI, Polri, dan semua pihak, termasuk masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Kami juga sampaikan selamat Idul Fitri dan memperingati Kenaikan Isa Almasih. Mohon maaf lahir batin," kata Fransiskus.

Baca juga: Ganjar: Idul Fitri-Kenaikan Isa Almasih bersamaan itu berkah Indonesia
Baca juga: Kemenag terbitkan panduan ibadah peringatan Kenaikan Isa Almasih
Baca juga: Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih berlangsung kondusif di Ilaga
Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021