Seoul (ANTARA News/AFP) - Korea Utara menembakkan peluru artileri, Senin ke perairan dekat perbatasan yang disengketakan di Laut Kuning di tengah-tengah ketegangan dengan Korea Selatan meningkat, kata kementerian pertahanaan Seoul.

"Satu baterai artileri Korea Utara melepaskan tembakan ke perairan lepas pantai barat," kata seorang juru bicara kepada AFP, dan menolak merinci lebih jauh.

Kantor berita Yonhap melaporkan Korea Utara (Korut) menembakkan sekitar 100 perluru artileri segera setelah Korea Selatan (Korsel) mengakhiri pelatihan angkatan laut lima hari di Laut Kuning. Peluru-peluru jatuh di laut di bagian Korut garis perbatasan itu.

Pelatihan militer Korsel itu adalah unjuk kekuatan setelah Seoul menuduh tetangganya itu mentorpedo sebuah kapal perang Seoul Maret lalu dekat perbatasan laut yang disengketakan itu.

Korut, yang membantah melancarkan serangan terhadap kapal itu yang menewaskan 46 pelautnya, memperingatkan akan melakukan "pembalasan fisik yang kuat" terhadap pelatihan angkatan laut itu yang disebutnya sebagai persiapan untuk invasi.

Tindakan Korut yang menangkap sebuah kapal penangkap ikan Korsel, Ahad di Laut Jepang (Laut Timur) semakin meningkatkan ketegangan.(*)
(Uu.H-RN/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010