Jakarta (ANTARA) - Sebuah mobil Tesla yang terlibat dalam kecelakaan fatal di jalan tol California Selatan pekan lalu disebut beroperasi dengan fitur mengemudi Tesla yang disebut Autopilot pada saat itu, kata pihak berwenang setempat, dikutip dari India Times, Minggu.

Kecelakaan 5 Mei di Fontana, sebuah kota 50 mil (80 kilometer) timur Los Angeles, sedang diselidiki oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA). Penyelidikan tersebut adalah kasus ke-29 yang melibatkan Tesla yang ditanggapi oleh badan tersebut.

Seorang pria berusia 35 tahun tewas ketika Tesla Model 3-nya menabrak secara semi-terbalik di jalan bebas hambatan sekitar pukul 02.30 pagi.Nama pengemudi belum dipublikasikan. Seorang pria lain terluka parah ketika kendaraan listrik menabraknya saat dia membantu pengemudi keluar dari bangkai mobil.

California Highway Patrol, atau CHP, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mobil itu telah mengoperasikan sistem penggerak otomatis Tesla yang disebut Autopilot, yang telah terlibat dalam beberapa kecelakaan. Kecelakaan Fontana menandai setidaknya kematian keempat di AS yang melibatkan Autopilot.

"Sementara CHP biasanya tidak mengomentari penyelidikan yang sedang berlangsung, Departemen mengakui tingginya minat yang berpusat di sekitar kecelakaan yang melibatkan kendaraan Tesla," kata badan itu dalam sebuah pernyataan. "Kami merasa informasi ini memberikan kesempatan untuk mengingatkan masyarakat bahwa mengemudi adalah tugas kompleks yang membutuhkan perhatian penuh dari pengemudi."

Baca juga: CEO Tesla Elon Musk akan pandu "SNL" bareng Miley Cyrus

Baca juga: Wall Street tergelincir dari rekor tertinggi, saham Tesla anjlok


Penyelidikan keamanan federal dilakukan tepat setelah CHP menangkap pria lain yang menurut pihak berwenang berada di kursi belakang Tesla yang mengemudi minggu ini di Interstate 80 (I-80) dekat Oakland tanpa seorang pun di belakang kemudi.

CHP belum mengatakan apakah pihaknya telah menentukan Tesla yang dalam insiden I-80 beroperasi dengan Autopilot, yang dapat menjaga mobil tetap terpusat di jalurnya dan jarak aman di belakang kendaraan di depannya.

Tetapi kemungkinan besar Autopilot atau "Full Self-Driving" beroperasi sehingga pengemudi berada di kursi belakang. Tesla mengizinkan sejumlah pemilik untuk menguji sistem self-driving-nya.

Tesla, yang telah membubarkan departemen hubungan masyarakatnya, tidak menanggapi surel yang meminta komentar. Perusahaan mengatakan dalam manual pemilik dan di situsnya bahwa Autopilot dan "Full Self-Driving" tidak sepenuhnya otonom dan bahwa pengemudi harus memperhatikan dan siap untuk campur tangan kapan saja.

Autopilot terkadang mengalami kesulitan menangani objek yang tidak bergerak dan penyeberangan lalu lintas di depan Tesla.

Dalam dua kecelakaan di Florida, dari 2016 dan 2019, mobil dengan Autopilot yang digunakan melaju di bawah melintasi trailer traktor, menewaskan orang-orang yang mengemudikan Tesla. Dalam kecelakaan tahun 2018 di Mountain View, California, seorang insinyur Apple yang mengendarai Autopilot tewas ketika Tesla-nya menabrak penghalang jalan raya.

Baca juga: Tesla matikan kamera untuk pelanggan luar Amerika

Sistem Tesla, yang menggunakan kamera, radar, dan sonar jarak pendek, juga kesulitan menangani kendaraan darurat yang berhenti. Sejumlah mobil Tesla telah menabrak beberapa truk pemadam kebakaran dan kendaraan polisi yang berhenti di jalan raya dengan lampu darurat yang berkedip-kedip.

NHTSA pada bulan Maret mengirim tim untuk menyelidiki setelah Tesla dengan Autopilot menabrak kendaraan Polisi Negara Bagian Michigan di Interstate 96 dekat Lansing. Baik polisi maupun pengemudi Tesla yang berusia 22 tahun tidak terluka, kata polisi.

Setelah kecelakaan fatal di Florida dan California, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) merekomendasikan agar Tesla mengembangkan sistem yang lebih kuat untuk memastikan pengemudi memperhatikan, dan membatasi penggunaan Autopilot ke jalan raya di mana ia dapat bekerja secara efektif. Baik Tesla maupun badan keamanan tidak mengambil tindakan.

Dalam surat 1 Februari kepada Departemen Perhubungan AS, Ketua NTSB Robert Sumwalt mendesak departemen untuk memberlakukan peraturan yang mengatur sistem bantuan pengemudi seperti Autopilot, serta pengujian kendaraan otonom.

NHTSA mengandalkan terutama pada pedoman sukarela untuk kendaraan, mengambil pendekatan lepas tangan sehingga tidak akan menghalangi pengembangan teknologi keselamatan baru.

Sumwalt mengatakan bahwa Tesla menggunakan orang-orang yang telah membeli mobil untuk menguji perangkat lunak "Full Self-Driving" di jalan umum dengan pengawasan atau persyaratan pelaporan terbatas.

"Karena NHTSA tidak memberlakukan persyaratan, pabrikan dapat mengoperasikan dan menguji kendaraan hampir di mana saja, bahkan jika lokasinya melebihi batasan sistem kontrol AV (kendaraan otonom)," tulis Sumwalt.

Dia menambahkan, "Meskipun Tesla menyertakan penafian bahwa 'fitur yang saat ini diaktifkan memerlukan pengawasan pengemudi aktif dan tidak membuat kendaraan otonom,' pendekatan lepas tangan NHTSA untuk mengawasi pengujian AV menimbulkan potensi risiko bagi pengendara dan pengguna jalan lainnya."

NHTSA, yang memiliki kewenangan untuk mengatur sistem penggerak otomatis dan meminta penarikan kembali jika diperlukan, tampaknya telah mengembangkan minat baru pada sistem tersebut sejak Presiden Joe Biden menjabat.

Baca juga: Elon Musk tampil di SNL dorong bisnisnya dan NBCUniversal

Baca juga: Teknologi otonom Tesla diragukan selesai akhir tahun ini

Baca juga: Layanan internet satelit Starlink dapat 500 ribu pra pemesanan

 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021