Dinkes Kubu Raya siapkan 2.000 kantong GeNose antisipasi COVID-19

Dinkes Kubu Raya siapkan 2.000 kantong GeNose antisipasi COVID-19

Sejumlah masyarakat yang melintasi jalur bundaran Tugu Ali Anyang Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya mengikuti tes COVID-19 dengan GeNose yang disiapkan oleh Dinkes Kubu Raya (Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menyiapkan 2.000 kantong alat tes COVID-19 GeNose pada pos pemeriksaan di Bundaran Tugu Ali Anyang dan Terminal Rasau Jaya untuk mengantisipasi virus corona dari pendatang setelah libur lebaran.

"Untuk mengantisipasi peningkatan kasus COVID-19, kami menyiapkan dua alat GeNose dan 2.000 kantong GeNose di Bundaran Tugu Ali Anyang sebanyak 1.000 kantong dan 1.000 kantong lainnya di Pelabuhan Rasau Jaya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, sejak pertengahan Ramadhan pihaknya sudah melakukan penelusuran COVID-19 dengan alat GeNose C19 di dua pintu masuk itu.

Baca juga: Wakapolda Metro pantau tes antigen di pos penyekatan Tangerang

Disebutkan, di Pelabuhan Rasau Jaya pihaknya mengantisipasi warga Kubu Raya yang datang dari Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, sedangkan di Bundaran Tugu Ali Anyang mengantisipasi warga Kubu Raya yang datang dari Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau dan Kabupaten Sanggau.

"Karena hari ini yang merupakan hari terakhir libur lebaran, diperkirakan akan banyak warga yang datang dari berbagai daerah melalui pintu darat dan pintu sungai ke Kota Pontianak maupun ke Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.

Baca juga: DKI minta warga yang tiba di Jakarta lapor RT dan RW

Marijan menambahkan, penelusuran COVID-19 dengan alat GeNose C19 di dua pintu masuk itu tidak hanya dilakukan bagi warga yang masuk ke Kubu Raya saja melainkan sebelumnya juga dilakukan bagi warga yang keluar di 7 kabupaten lainnya melalui pintu darat dan sungai.

Pelaksanaan testing GeNose ini pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan tenaga kesehatan dari sejumlah Puskesmas.

Baca juga: Jaksel "incar" pemudik balik Jakarta untuk tes usap antigen

"Dari hasil testing GeNose yang dilakukan sejak pertengahan bulan suci Ramadhan lalu sampai hari ini, terdapat lima warga yang hasil testing GeNosenya positif COVID-19, yang mana ke lima warga tersebut langsung dilakukan swab PCR dan dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Pontianak," katanya.

Marijan menuturkan, sampai saat ini jumlah kasus COVID-19 Kabupaten Kubu Raya sebanyak 764 orang dan jumlah kesembuhannya 702 orang, meninggal dunia 8 orang sedangkan lainnya masih dalam proses penyembuhan.

"Testing GeNose di dua pintu masuk tersebut akan berakhir sampai hari Selasa 18 Mei mendatang. Seharusnya hari ini kita terakhir melakukan testing GeNose ini, mengingat Senin besok ASN sudah mulai masuk kerja. Namun bagi yang bukan ASN tentunya besok mereka belum masuk kerja," katanya.
Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021