Kami siap melanjutkan sinergi yang sudah jalan secara sistem ini, siapapun yang memimpin PLN dan ANTARA di sini
Denpasar (ANTARA) - General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana menilai dukungan Perum LKBN ANTARA dalam publikasi selama ini telah meningkatkan partisipasi pelanggan terhadap berbagai layanan PLN di Pulau Dewata.

"Pelanggan kami sekarang bahkan melebihi 100 persen, karena banyak masyarakat yang memiliki rumah lebih dari satu yang memanfaatkan layanan daya listrik dari kami, tentu hal ini juga berkat dukungan ANTARA," katanya saat kunjungan media ke Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Bali di Denpasar, Bali, Kamis.

Dalam kunjungannya, yang diterima Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M Ya'kub bersama staf itu, Udayana menjelaskan tunggakan pembayaran PLN juga sudah jauh berkurang, karena hanya tiga dari 15 unit layanan yang mengalami tunggakan.

"Itu pun kawasan pariwisata yang hotelnya sudah tutup karena pandemi COVID-19, atau kos yang sudah tidak ada penghuninya karena kembali ke kampung halaman akibat kehilangan pekerjaan di sini," katanya didampingi Manajer Komunikasi PLN UID Bali I Made Arya.

Selain itu, masyarakat Bali juga banyak yang mendaftar untuk mengikuti promosi tambah daya listrik dalam "Ramadan Peduli" dan "Ramadan Berkah" pada 16-31 Mei 2021. Promo tambah daya itu stimulus dari sumbangan karyawan PLN untuk masyarakat dan bukan dari perusahaan.

"Kalau Ramadan Peduli itu untuk rumah tangga, sedangkan Ramadan Berkah itu untuk rumah ibadah, baik pura, masjid, maupun gereja, bahkan Ramadan Berkah mendapat apresiasi dari PHDI," katanya.

Tidak hanya itu, aplikasi New PLN Mobile yang diluncurkan pada Desember 2020, kini telah dinikmati lebih dari 126 ribu pelanggan Bali pada Mei 2021, dari posisi awal Februari 2021 yang masih diminati 50 ribuan.

"Aplikasi itu memiliki fitur-fitur antara lain penambahan daya, pembayaran tagihan listrik, pengecekan histori rekening, dan informasi gangguan serta layanan pengaduan. Ada tren positif para pelanggan mengadu lewat New PLN Mobile tanpa datang ke kantor, apalagi saat pandemi seperti ini," katanya.

Ke depan, mantan Vice President (VP) Pengelolaan Aset Pembangkit Regional Jawa Madura & Bali PLN itu berharap sinergi PLN-ANTARA di Bali terus ditingkatkan. "Kami siap melanjutkan sinergi yang sudah jalan secara sistem ini, siapapun yang memimpin PLN dan ANTARA di sini," katanya.

Apalagi, katanya, PLN Bali akan terus meningkatkan layanan digital. Selain New PLN Mobile untuk kemudahan pelayanan pelanggan, PLN Bali juga akan terus meningkatkan dukungan terhadap pariwisata dan energi bersih di Pulau Dewata.

"PLN akan mendukung Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih melalui program Electrifying Agriculture untuk sektor pertanian yang ramah lingkungan dan hasilnya maksimal. Juga kompor induksi yang berenergi listrik yang hemat, lalu kendaraan listrik. Jadi, Bali ke depan akan sejahtera tapi benar-benar green," katanya.


Kepentingan publik

Menanggapi harapan itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Bali Edy M Ya'kub menyatakan kunjungan itu akan semakin meningkatkan kemitraan ANTARA dengan PLN Bali, yang selama ini sudah berjalan cukup baik, menjadi lebih berkualitas.

"Kerja sama yang sudah baik itu bisa ditingkatkan dan kami berterima kasih untuk kerja sama tahun 2021 yang cukup baik, karena kita memiliki titik temu dalam hal-hal terkait kepentingan publik, termasuk informasi yang bersifat konvergensi yang dikembangkan ANTARA Bali sejak tahun 2017, mengingat publik Bali itu sangat visual minded sehingga informasi yang ada videonya memiliki viewer yang tinggi, karena ada narasi, foto, dan video," katanya.

Menurut Edy, sinergi dengan PLN itu juga terkait dengan dua dari tiga tugas ANTARA yang telah berdiri pada 13 Desember 1937 itu yakni tugas negara untuk membantu negara dan tugas publik untuk melayani masyarakat, sedangkan tugas utama adalah melayani media massa yang juga tetap jalan.

"Tugas utama ANTARA memang melayani media massa yang mencapai ratusan media se-Indonesia dan kalau di Bali ada belasan media, baik cetak, online maupun sosial, tapi sejak tahun 2007 melalui PP Nomor 40 Tahun 2007, kami mendapat tugas negara yakni melayani negara dan publik secara langsung," katanya.

Edy menegaskan ANTARA memiliki dua penugasan negara yakni melakukan branding potensi daerah/negara agar menjadi lebih berkembang dan melakukan counter issue/hoax seperti program Bela Bali atas hal-hal yang merugikan negara/daerah serta masyarakat Bali akibat perang digital dalam era disrupsi yang memunculkan hoaks.

"Tugas kami di daerah mengangkat potensi daerah itu, katakanlah semacam branding, tapi branding itu bukan hanya terkait hal-hal yang positif, namun bila ada hal-hal negatif yang merugikan daerah/negara, maka kami juga melakukan counter hoaks, asalkan kami dibantu dengan hotline atau jalur khusus untuk membantu melakukan 'pembelaan' itu," katanya.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cendera mata. Dalam kesempatan itu, Kabiro ANTARA Bali menyerahkan buku esai bertajuk "Suara Milenial untuk Bali" yang merupakan hasil lomba esai terkait program Gubernur Bali Wayan Koster, yang diluncurkan pada pada HUT ke-83 ANTARA (13/12/2020).

"Menarik untuk dibaca ini, karena kami bisa tahu suara anak muda di Bali," kata Wayan Udayana, yang juga menyerahkan cendera mata PLN.

Baca juga: PLN bangun SPKLU mudahkan isi daya kendaraan listrik di Bali
Baca juga: GM PLN Bali minta ANTARA dorong masyarakat gunakan "PLN Mobile"
Baca juga: PLN Bali jamin ketersediaan pasokan listrik dan layanan berkualitas

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Pande Yudha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021