FKUB Papua harap masyarakat hormati proses pemakaman Wagub Tinal

FKUB Papua harap masyarakat hormati proses pemakaman Wagub Tinal

Pelayat berdoa di samping jenazah Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (21/5/2021). Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal wafat pagi ini di Rumah Sakit Abdi Waluyo karena sakit jantung. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Jayapura (ANTARA) - Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua mengharapkan masyarakat di wilayah itu menghormati proses pemakaman Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal yang meninggal karena sakit.

Ketua FKUB Provinsi Papua Pendeta Lipiyus Biniluk di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya mengharapkan proses keberangkatan jenazah dan rombongan yang mengantar hingga tiba di Jayapura dapat berjalan dengan lancar.

"Wagub Papua Klemen Tinal sudah bekerja luar biasa untuk masyarakat Bumi Cenderawasih dan gereja," katanya.

Baca juga: Tokoh: Klemen Tinal pelopor pembangunan Mimika

Menurut Pendeta Lipiyus, pihaknya merasa kehilangan dan sangat berduka atas meninggalnya Wagub Papua Klemen Tinal.

"Untuk itu, kami juga mengimbau seluruh umat Tuhan agar menerima dengan lapang dada dan jangan ada gerakan tambahan," ujarnya.

Pihaknya mengajak untuk menghargai Klemen Tinal sebagai tokoh besar dengan datang dengan tertib menghadiri ibadah penghiburan almarhum di Gedung Negara Jayapura.

"Almarhum sudah bekerja dengan sangat luar biasa sehingga salah satu sikap menghargai almarhum adalah dengan tidak melakukan hal-hal anarkis," katanya lagi.

Baca juga: Ketua DPD RI sampaikan duka cita atas wafatnya Wagub Papua

Sebelumnya, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta pada Jumat (21/5) pukul 04.00 subuh Waktu Indonesia Barat (WIB).

Jenazah sempat disemanyamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto Jakarta, lalu pada Sabtu (22/5) diterbangkan ke Jayapura menggunakan maskapai penerbangan Garuda.

Rencananya jenazah akan disemayamkan di Gedung Negara Jayapura selama satu hari. Setelah itu, pada Minggu (23/5) jenazah akan diterbangkan ke Timika, Kabupaten Mimika untuk dimakamkan.

Baca juga: Mendagri sampaikan duka cita atas wafatnya Wagub Papua Klemen Tinal
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021