Jakarta (ANTARA) - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) memperketat protokol kesehatan bagi pengunjung yang hendak masuk ke destinasi wisata itu guna mengantisipasi penularan COVID-19 pada periode kunjungan arus balik Lebaran.

"Yang pasti pengunjung wajib pakai masker, kalau tidak kami tolak masuk," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan, Wahyudi Bambang di Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu.

Pengunjung terlebih dahulu diukur suhu tubuhnya oleh petugas yang bersiaga di pintu barat dan pintu utara atau pintu gerbang utama.

Selain kewajiban penggunaan masker dan ukur suhu tubuh, pihaknya juga melakukan seleksi, yakni hanya pengunjung yang sudah memesan tiket secara daring (online) yang bisa masuk.

Baca juga: Setelah dibuka lagi, Ragunan dikunjungi 24.335 wisatawan
Baca juga: 17.148 orang kunjungi Taman Margasatwa Ragunan pada H+2 Lebaran
Petugas memeriksa identitas diri wisatawan sebelum memasuki kawasan Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Kamis (14/5/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Sedangkan pengunjung yang tidak memiliki konfirmasi pemesanan yang dikirim melalui surat elektronik, maka tidak diperkenankan masuk.

"Sudah banyak yang terpaksa kami tolak karena prosedurnya memang pemesanan 'online'," katanya.

Selain itu, pengunjung yang diperkenankan masuk TMR saat ini adalah warga yang ber-KTP DKI Jakarta. Aturan ini sesuai dengan Seruan Gubernur Nomor 5/2021 yang diterbitkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jumlah pengunjung pada Sabtu ini hingga pukul 14.00 WIB mencapai 9.724 orang. Jumlah itu melonjak dibandingkan pada Rabu (19/5) mencapai 6.334 orang, Kamis (20/5) mencapai 5.428 orang dan Jumat (21/5) mencapai 2.759 orang.

Sebelumnya, jumlah kunjungan paling tinggi terjadi pada Selasa (18/5) mencapai 9.814 orang wisatawan atau saat perdana dibuka kembali setelah sempat tutup 16-17 Mei 2021 karena penguatan protokol kesehatan dan libur satwa.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021