Wali Kota Makassar apresiasi aksi Permabudhi tanam bibit mangrove

Wali Kota Makassar apresiasi aksi Permabudhi tanam bibit mangrove

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (kiri) bersama, komunitas Permabudhi dan jajaran TNI Kodim 1408/BS saat menanam bibit Mangrove di pesisir Pantai Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Minggu (23/5/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Makassar

Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto memberikan apresiasi yang tinggi kepada komunitas Permabudhi Cinta Alam yang  menanam bibit pohon mangrove di sepanjang pesisir Pantai Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Minggu.

Dengan dibantu personil TNI Kodim 1408/BS, komunitas Permabudhi Cinta Alam menanam 2.000 bibit pohon mangrove dan ketapang kencana  pada lokasi Ekowisata Mangrove Lantebung untuk menambah kekuatan agar dapat menghalau ombak serta sebagai keseimbangan ekosistem alam.

Pria akrab disapa Danny Pomanto itu menjelaskan, tanaman mangrove merupakan banteng pertahanan awal terhadap resiko bencana dan juga sebagai mata pencarian alternatif bagi masyarakat pesisir melalui pengembangan industri pariwisata.

"Ekowisata Lantebung ini sebagai salah satu icon kota Makassar. Wajib kita jaga dan lestarikan. Penanaman mangrove ini tentu sebagai benteng utama dan terdepan dari bahaya abrasi dan tsunami," beberapa Danny.

Baca juga: Meniti jalan jadikan Hutan Bakau Tongke-Tongke magnet wisata Sinjai
Baca juga: Tongke-tongke taman wisata mangrove andalan Sulawesi Selatan


Ia mengharapkan aksi tanam pohon mangrove dapat diikuti warga untuk melakukan aksi serupa untuk menghindari kawasan pesisir dari degradasi hutan mangrove.

Selain itu, Hutan mangrove juga dapat menjadi penopang kehidupan fauna sebagai habitat yang singgah untuk jenis fauna tertentu.

“Ini akan meningkatkan persentase jumlah Ruang Terbuka Hijau di Makassar. Dan juga bisa meningkatkan nilai ekonomis untuk masyarakat setempat, " harapnya.

Baca juga: Fakultas Kehutanan ULM tanam mangrove rambai untuk habitat bekantan
Baca juga: Babel aktifkan UPTD KPHP tanam mangrove 2.240 hektare

 
Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021