KPU mulai distribusikan logistik PSU Pilgub Jambi ke TPS

KPU mulai distribusikan logistik PSU Pilgub Jambi ke TPS

Logistik PSU Pilgub Jambi di KPU Kabupaten Batanghri dimasukkan ke dalam mobil PT Pos Indonesia untuk didistribusikan ke TPS. ANTARA/HO-KPU Kabupaten Batanghari

Jambi (ANTARA) - KPU kabupaten dan kota yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2020 mulai mendistribusikan logistik PSU ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Logistik pilkada langsung diantar ke lokasi tempat pemungutan suara ulang Pilgub Jambi yang dijadwalkan pada hari Kamis (27/5). Di Batanghari, misalnya, ada tujuh TPS yang tersebar di tujuh desa, empat kecamatan," kata Ketua KPU Kabupaten Batanghari A. Kadir di Batanghari, Rabu.

Ia menyebutkan logistik pilkada itu terdiri atas surat suara, formulir, tinta, dan kelengkapan TPS lainnya. Surat suara yang didistribusikan ke tujuh TPS di daerah itu sebanyak 2.090 surat suara.

Jumlah surat suara tersebut, kata dia, sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan. Pengiriman logistik itu menggunakan armada dari KPU dan PT Pos Indonesia yang dikawal langsung oleh pihak kepolisian.

Tujuh TPS PSU Pilgub Jambi di daerah itu, yakni di Kecamatan Muara Bulian Desa Napal Sisik TPS 01, Kecamatan Bajubang Desa Bungku TPS 04, Kelurahan Bajubang TPS 10, dan Desa Penerokan TPS 17. Berikutnya, Kecamatan Mersam Desa Sengkati Kecil TPS 03, Desa Kembang Paseban TPS 08, dan Kecamatan Maro Sebo Ulu Desa Kembang Seri Baru TPS 02.

Baca juga: Petugas PPK hingga KPPS PSU Pilgub Jambi dites antigen

Selain di daerah itu, logistik PSU Pilgub Jambi di empat kabupaten/kota lainnya turut didistribusikan ke TPS, di antaranya di Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Secara keseluruhan, kata dia, ada 88 TPS yang tersebar di lima kabupaten/kota di provinsi itu yang melaksanakan PSU Pilgub Jambi.

Sementara itu, Bupati Batanghari M. Fadhil Arief menghimbau masyarakat mendatangi TPS pada hari Kamis (27/5).

Karena masih dalam pandemi COVID-19, dia berharap masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan saat memberikan hak suaranya saat pelaksanaan PSU Pilgub Jambi.

"Saya harap partisipasi masyarakat pada PSU besok tinggi, seperti pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 yang mencapai 80 persen. Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19," kata M. Fadhil Arief.

Selain petugas yang disiapkan dari KPU, Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Batanghari turut mengutus dua orang petugas di tiap-tiap TPS untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Baca juga: Pemprov Jambi deklarasi PSU damai Pilgub Jambi 2020
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021