Kami sedang merancang lagi aplikasi terutama untuk menopang bisnis PT Jabar Energi yang memiliki 10.000 jaringan gas di Kota Depok
Bandung (ANTARA) - Badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemprov Jawa Barat yakni PT Jasa Sarana menargetkan layanan bisnis sejumlah anak usahanya bisa go digital atau ditopang oleh aplikasi digital guna memberikan kemudahan bagi pelanggan dan konsumen.

Direktur Utama Jasa Sarana Hanif Mantiq di Bandung, Jabar, Kamis, menuturkan pihaknya melalui anak usaha PT Jabar Telematika (JabarTel) saat ini sedang mempersiapkan perbaikan layanan berbasis digital.

Ia mengatakan setelah sukses meluncurkan aplikasi Etapasbar untuk membantu para pedagang Pasar Baru Kota Bandung melakukan transaksi digital, rencana lain sudah disusun.

"Saat ini, kami sedang merancang lagi aplikasi terutama untuk menopang bisnis PT Jabar Energi yang memiliki 10.000 jaringan gas di Kota Depok," kata Hanif.

Dia mengatakan pelanggan jaringan gas Jabar Energi ke depan bisa mendapatkan langsung informasi layanan juga mudah dalam melakukan pengaduan lewat aplikasi terpadu.

Pihaknya menilai kemudahan ini bisa turut menggenjot target jaringan gas di Jawa Barat mencapai satu juta jaringan di masa yang akan datang.

"Pelanggan dan anak usaha akan saling berinteraksi lewat aplikasi digital, layanan ini juga ke depan dimungkinkan terhubung dengan jaringan dan anak usaha Jasa Sarana yang lain, ini akan kami lakukan secara bertahap," kata dia.

Hanif optimistis dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan rencana bisnis yang terus dibenahi rencana digitalisasi layanan ini bisa diwujudkan.

Menurut dia, sejak awal dirinya menaruh harapan pada sejumlah tenaga muda yang berada di anak usaha dan pihaknya telah menunjuk Jabar Telematika yang saat ini dipimpin oleh anak-anak muda.

Sementara itu, CEO Jabar Telematika Faizal Rachman mengatakan pihaknya saat ini tengah mengubah haluan ke arah bisnis berbasis IT lewat pembentukan Jabar IT atau JAIT.

Menurut Faizal, JabarTel tengah mempersiapkan sejumlah platform untuk bisa dipakai oleh korporasi maupun UMKM.

Sebelumnya, kolaborasi JabarTel bersama Etapasbar.id dan Bank BJB melahirkan aplikasi marketplace Etalase Pasar Baru Bandung, yaitu Etapasbar.id.

Eapasbar menjadi platform penjualan online yang menghubungkan transaksi konsumen dengan pedagang Pasar Baru Bandung.

Marketplace ini menandai transformasi digital pasar yang menjadi ikon Kota Bandung tersebut.

Baca juga: Jasa Sarana teken sejumlah kerja sama investasi di WJIS 2020
Baca juga: Jasa Sarana-perusahaan Malaysia teken kerja sama garap proyek di Jabar
Baca juga: BUMD Jawa Barat dan PT ICDX kerja sama pembiayaan pengadaan barang

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021