Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna menyampaikan kekagumannya kepada timnas bulu tangkis yang berhasil menjadi juara umum Spain Masters 2021 dan berharap capaian ini makin mendongkrak motivasi atlet untuk lebih berprestasi pada masa mendatang.

"Ini suatu hal yang luar biasa dan sangat membanggakan kita semua. Di Spain Masters kemarin kita memenangkan empat dari lima gelar juara. Dan ini merupakan hasil dari kerja keras kita semua," kata Agung dalam keterangan tertulis PBSI, Kamis.

Agung mengaku tak menyangka Indonesia menempatkan enam wakil dalam final dengan merebut empat gelar juara dan dua runner-up dalam ajang internasional yang adalah  langka terjadi.

Skuad Merah Putih yang dikirim ke Huleva, Spanyol, adalah atlet lini kedua. Menurut Agung, pengiriman itu bertujuan mempercepat proses kaderisasi dalam bulu tangkis. 

Dalam waktu dekat PBSI juga menyiapkan pemain lini ketiga agar terus memiliki stok atlet yang siap diterjunkan dalam turnamen nasional dan internasional.

Baca juga: Rionny apresiasi capaian timnas bulu tangkis di Spanyol

"Dan prestasi di Spain Masters ini merupakan hasil yang baik. Mudah-mudahan ini menjadi modal bagi kami untuk bisa mendapatkan hasil yang kurang lebih sama, bahkan kalau bisa lebih baik pada ajang yang lebih besar," ujar Agung.

Gelar juara dipersembahkan Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (ganda putra), Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani (ganda putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran). 

Sementara posisi runner up diraih Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra) dan Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani (ganda putra).

Timnas sudah tiba di Indonesia Selasa sore setelah melakukan perjalanan 30 jam dari Spanyol. Saat ini mereka sedang menjalani isolasi mandiri selama lima hari sesuai ketentuan protokol kesehatan.

Baca juga: Indonesia juara umum Spain Masters 2021 dengan kantongi empat gelar

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021