Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu (30/5) yang masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari peringatan hari tanpa tembakau sedunia hingga penemuan peralatan dari batu dan tulang di situs Gua Pangeran, Kalimantan Timur.

Berikut berita kemarin;

Hari tanpa tembakau momentum gencarkan sosialisasi bahaya rokok

Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr. Yudhi Wibowo mengingatkan bahwa peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia merupakan momentum yang tepat untuk menggencarkan sosialisasi terkait bahaya rokok.

"Gencarkan kampanye dan sosialisasi mengenai bahaya rokok terutama di tengah pandemi COVID-19. Merokok dapat merusak fungsi saluran pernafasan termasuk penyakit paru obstruksi kronik," katanya di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Baca juga: Perokok berisiko menderita penyakit COVID-19 lebih parah

Baca juga: Hari tanpa tembakau momentum gencarkan sosialisasi bahaya rokok


Menko Perekonomian dukung Inpres No.2/21 untuk usaha kecil

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendukung Inpres No.2/2021 terkait Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada usaha kecil, sebagaimana disampaikan kepada Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK di Gedung Ali Wardhana Kementerian Perekonomian, Jakarta.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Ahad, Airlangga menyatakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen penting dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional karena terjaminnya perlindungan para pekerja maka produktivitas mereka meningkat, dan perekonomian segera pulih.

Baca juga: Menko Perekonomian dukung Inpres No.2/21 untuk usaha kecil

PUPR diminta percepat pembangunan huntap relokasi mandiri di Palu

Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah meminta Balai Penyediaan Perumahan Sulawesi II di bawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar segera melakukan percepatan penyelesaian pembangunan hunian tetap skema relokasi mandiri korban bencana Palu.

"Karena kegiatan konstruksi sudah berjalan, maka kewajiban Balai Penyediaan Perumahan menggenjot perampungan pembangunan huntap mandiri," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat bertatap muka dengan korban likuefaksi Kelurahan Petobo, di Palu, Minggu.

Vaksinasi COVID-19 selesai dijalani 10,5 juta penduduk Indonesia

Terdapat 10.584.489 orang yang telah menyelesaikan vaksinasi COVID-19 atau sudah menerima dua dosis suntikan vaksin, menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Angka itu didapat setelah terjadi penambahan 29.693 orang yang menjalani vaksinasi kedua, menurut data yang diterima di Jakarta, Minggu sore.

Ditemukan peralatan dari tulang dan batu di Situs Gua Pangeran

Tim Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) menemukan berbagai tinggalan di situs Gua Pangeran di kawasan karst tak jauh dari wilayah yang akan menjadi ibu kota negara yang baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kami temukan berbagai peralatan dari batu, tulang, dan kerang,” kata Ketua Tim Arkenas Prof Harry Truman Simanjuntak di Balikpapan, Minggu.

Baca juga: Ditemukan peralatan dari tulang dan batu di Situs Gua Pangeran

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021