Harus segera gerak cepat untuk susun jadwal juga, bikin jadwal itu yang tidak merugikan klub
Jakarta (ANTARA) - Manajemen Madura United berharap jadwal Liga 1 2021 segera disusun, menyusul telah diputuskannya gelaran kompetisi tersebut pada Kongres PSSI dan dikeluarkannya izin keramaian oleh Polri.

Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) Zia Ul Haq, dikutip dari laman resmi klub, Senin, memberikan catatan bahwa jadwal kompetisi dengan format seri itu agar disusun dengan matang dan tidak ada klub yang dirugikan.

"Harus segera gerak cepat untuk susun jadwal juga, bikin jadwal itu yang tidak merugikan klub. Soalnya, sebelum-sebelumnya setelah jadwal dikeluarkan, masih banyak klub yang mengajukan revisi atau keberatan," katanya.

Baca juga: Madura United fokus tingkatkan fisik pemain pada pekan pertama latihan

Pria yang familiar disapa Habib itu juga mengingatkan agar regulasi Liga 1 2021 segera dipersiapkan dan dikeluarkan secara detail.

Kongres PSSI pada Sabtu (29/5) menghasilkan keputusan salah satunya kepastian sepak mula Liga 1 2021 diundur ke tanggal 10 Juli 2021, dari rencana sebelumnya mulai tanggal 3 Juli 2021.

Adapun Liga 2 2021 dilaksanakan sekitar 14 hari setelah sepak mula Liga 1, sementara Liga 1 Putri 2021 tidak akan digulirkan.

Izin keramaian Liga 1 dan 2 Indonesia 2021-2022 telah diserahkan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri pada Senin (31/5).

Baca juga: LIB: tidak ada tim Liga 1 bermain di stadion kandang

Kompetisi itu akan berlangsung dengan format liga penuh, tetapi dengan sistem seri, yakni enam seri sebagaimana yang sudah disepakati dalam Kongres PSSI 2021, dan dilaksanakan di tiga klaster daerah di Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Sementara itu, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengintensifkan persiapan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 setelah diterbitkannya izin keramaian untuk liga.

Direktur Operasional LIB Sudjarno menyebut bahwa pihaknya akan segera merampungkan jadwal lengkap liga dalam waktu dekat.

"Jadwal itu juga untuk melengkapi permintaan dari Polri," ujar Sudjarno.

Baca juga: LIB intensifkan persiapan Liga 1 dan 2 setelah Polri terbitkan izin
Baca juga: LIB pastikan Liga 1 dan 2 tanpa penonton di stadion
Baca juga: Polri terbitkan izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021