Manajemen menilai Weliansyah adalah sosok yang kental dan mengenal betul filosofi sepak bola Kabau Sirah, sehingga tidak sulit buat beliau menerjamahkannya kepada para anggota tim
Padang, (ANTARA) - Manajemen Semen Padang Football Club (SPFC) resmi menunjuk Weliansyah sebagai pelatih kepala tim "Kabau Sirah" dalam menghadapi kompetisi Liga 2 yang akan digelar pada Juli 2021.

Manajer Semen Padang FC Effendi Syahputra dalam keterangan tertulis di Padang, Selasa mengatakan penunjukan coach Weliansyah ini sudah melalui pertimbangan yang matang.

Weliansyah merupakan pelatih yang sudah berpuluh tahun berkecimpung membesarkan nama tim Semen Padang FC di kancah sepak bola nasional.

Baca juga: Semen Padang FC jadwalkan latihan perdana Rabu hadapi Liga 2

“Manajemen menilai Weliansyah adalah sosok yang kental dan mengenal betul filosofi sepak bola Kabau Sirah, sehingga tidak sulit buat beliau menerjamahkannya kepada para anggota tim. Beliau juga sosok legenda hidup di SPFC. Dedikasi dan loyalitas yang luar biasa selama hidup baik bermain maupun jadi pelatih dihabiskan berkiprah di tim kebanggaan Ranah Minang,” kata dia.

Ia mengatakan manajemen menilai secara syarat Weliasnyah telah memenuhi kualifikasi untuk menukangi tim. Selain itu penunjukan ini juga menjadi bukti bahwa manajemen tetap memprioritaskan putra daerah asli Ranah Minang yang sudah diketahui seluruh Indonesia memiliki pelatih-pelatih hebat.

“Weliansyah juga sudah kenyang pengalaman melatih, baik tim junior SPFC, tim senior bahkan sampai di level tim nasional junior. Beliau juga memiliki sertifikasi kepelatihan A AFC yang juga menjadi satu nilai tambah pemilihan beliau,” kata dia.

Menurut dia sebagai tim kebanggaan orang Minangkabau tentu manejemen ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra daerah untuk muncul, tumbuh dan berkembang bersama tim ini. Selain memproduksi begitu banyak pemain SPFC juga adalah salah satu klub kawah candradimuka penghasil pelatih-pelatih top nasional saat ini.

Baca juga: Semen Padang masih rahasiakan nama pelatih kepala

"Weliansyah kita siapkan untuk menjadi produk terbaru pelatih top Tanah Air ke depannya,” tambahnya.

Setelah memberi kepercayaan sebagai pelatih kepala, Manajemen tim SPFC juga memberikan keleluasaan kepada coach Weliansyah untuk membangun tim SPFC dari awal untuk mampu meraih prestasi pada kompetisi Liga 2 2021 nanti.

Ia mengatakan setelah sekian lama bergelut sebagai asisten pelatih, Weliansyah layak dijajal menjadi pelatih kepala yang memang benar-benar menukangi klub sejak awal. Memilih dan menerapkan pemain pilihannya sendiri dan bukan meneruskan pekerjaan dari pelatih sebelumnya.

“Kita berharap coach Weliansyah mampu membawa tim SPFC berprestasi. Manajemen juga berharap dukungan seluruh pihak, suporter, pecinta Kabau Sirah di mana pun berada untuk memberikan dukungan penuh kepada tim dan coach Weliansyah,” kata dia.

Baca juga: Semen Padang kumpulkan pemain pekan depan
Baca juga: Semen Padang FC usulkan Liga 2 2021 dengan format dua wilayah


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021