Bupati: Masjid Agung Aceh Jaya akan berfungsi 2022

Bupati: Masjid Agung Aceh Jaya akan berfungsi 2022

Tampak Landskap pembangunan Masjid Agung Baitul Izzah Kabupaten Aceh Jaya

Banda Aceh (ANTARA) - Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb menargetkan pembangunan Masjid Agung Baitul Izzah akan berfungsi pada akhir masa jabatannya tahun 2022 mendatang.

"Hari ini selesai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kami juga memanggil pihak Dinas PU untuk melihat sejauh mana pembangunan Masjid Agung Baitul Izzah pada tahun 2020 dan yang akan dikerjakan pada tahun 2021 dan 2022," kata Bupati Aceh Jaya Aceh Jaya di Aula Lantai III Setdakab Aceh Jaya, Selasa.

Ia menjelaskan sebagai salah satu masjid besar di Kabupaten setempat, kehadirannya menjadi dambaan masyarakat Aceh Jaya tersebut.

"Semua gedung utama Masjid Agung akan rampung pada tahun 2021 sedangkan lantai yang juga membutuhkan anggaran sekitar Rp2,1 miliar akan kita lihat kembali pada perubahan anggaran nantinya, agar pada awal tahun 2022 nanti bisa fungsional," kata T Irfan TB.

Baca juga: Batu giok aceh mulai dipasang di lantai Masjid Agung Nagan Raya

Baca juga: Masjid Agung Nagan Raya Aceh akan gunakan 7.000 meter batu giok

Ia menyebutkan hingga tahun 2021, pembangunan masjid agung tersebut telah menelan anggaran sebesar Rp47 miliar sesuai dengan pagu anggaran.

Sedangkan pada tahun 2022 mendatang pihaknya juga telah mengusulkan melalui dana otsus ke provinsi Aceh dan telah disetujui sebesar Rp20 miliar, sehingga secara keseluruhan dana hingga tahun 2022 mendatang menghabiskan dana Rp64 miliar lebih.

Dia juga menyampaikan kalau sesuai dengan gambar lanskap yang ada saat ini masjid besar Aceh Jaya kembali membutuhkan anggaran sebesar Rp60 Miliar lagi.

"Jika secara keseluruhan selesai sesuai dengan lanskap yang ada maka membutuhkan anggaran lagi sebesar Rp60 miliar," kata dia.*

Baca juga: Pemkab Aceh Barat hadiahkan Rp1 juta tiap santri

Baca juga: Ketua DPR resmikan Masjid Agung Aceh Tenggara

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021