Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Selasa, sejumlah orang mendeklarasikan diri sebagai Relawan Ganjarist di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, guna mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pemimpin masa depan calon Presiden 2024.

Ketua Relawan Ganjarist, Mazdjo Pray mengatakan Ganjar Pranowo memiliki semangat nasionalis sehingga tepat untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.

"Kecintaan Ganjar Pranowo pada Indonesia terefleksi dalam berbagai kebijakan di Jawa Tengah," kata Mazdjo.

Di mata Relawan Ganjarist, sosok Ganjar memiliki kedekatan dengan rakyat dalam kesehariannya karena juga berasal dari keluarga biasa seperti halnya Presiden Joko Widodo.

Ganjar Pranowo yang sudah dua periode menjadi Gubernur Jawa Tengah merepresentasikan wajah rakyat biasa yang berkesempatan menapaki anak tangga kehidupan, katanya.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo capai 20,2 persen

Dia juga menilai Ganjar yang memulai karir dari bawah dan merasakan asam garam proses politik, akan menapaki mimpi Indonesia..

"Inilah sisi dari Ganjar Pranowo yang menarik bagi kami. Kesederhanaan, kepimpinan yang tegas tapi merakyat, plus rasa cinta Tanah Air yang kuat adalah poin plus seorang Ganjar Pranowo," ujar Mazdjo.

Relawan Ganjarist ini diinisiasi oleh Masdjo Pray, Maya Nindya, Anthony Putihray, Ken Aji, Rinia Djafar, Kris Charta, Marlina, Didiy Budiono, KH Enha, Robbie Rayaida, Velentino Rosyid, Ken SA, Seno, Ivan, dan Haryanto

Beranggotakan orang yang terdiri dari aktifis sosial, pengusaha, profesional, pegiat media sosial, kyai, ibu rumah tangga, dan mahasiswa.

Gabjarist sebagai wadah yang diniatkan untuk memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai alternatif pemimpin masa depan.

Mazdjo menuturkan, Indonesia akan menggelar Pilpres pada 2024, bisa dibilang saat itu adalah masa kritis Indonesia sebagai sebuah bangsa karena adanya pandemi COVID-19 yang mengganggu setiap sendi kehidupan.

Baca juga: Pengamat: Potensi Ganjar dijagokan parpol lain sangat terbuka

Menurut Mazdjo, kepemimpinan Presiden Jokowi Indonesia bisa terus bertahan meski tertatih-tatih berjalan. Dibutuhkan kemampuan manajerial, keberpihakan pada rakyat yang selalu menjadi ciri khas Presiden bisa menjadi pemandu bangsa menghadapi badai.

Relawan Ganjarist berkeyakinan Ganjar Pranowo sosok yang tepat meneruskan estafet kepemimpinan setelah era Presiden Jokowi.

"Bagi kami, Ganjar Pranowo adalah sosok yang paling dekat dan pas untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi."

Setelah mendeklarasikan diri, Relawan Ganjarist membuka diri bagi siapa saja di seluruh Indonesia yang ingin bergabung. Membentuk kelompok-kelompok Ganjarist di wilayah masing-masing.

"Kami adalah rakyat yang sadar. Kami tidak mau persoalan kepemimpinan bangsa yang strategis itu hanya menjadi konsumsi elit politik saja. Kami bisa ikut membantu menentukannya. Memberikan masukan siapa sosok yang pas buat Indonesia," kata Mazdjo.

Baca juga: Survei Indometer: Ganjar, Prabowo, dan Kamil capres unggulan

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021