WhatsApp Business perbarui fitur mengobrol

WhatsApp Business perbarui fitur mengobrol

Fitur pesan di aplikasi WhatsApp Business. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - WhatsApp memperbarui sistem dan sejumlah fitur untuk versi Business demi mendukung kelancaran digitalisasi bisnis ke platform tersebut.

WhatsApp saat konferensi untuk pengembang F8 Refresh mengumumkan pembaruan API untuk WhatsApp Business, yang akan berdampak pada pemegang akun bisnis maupun konsumen.

Dalam keterangan resmi, dikutip Kamis, platform pesan instan milik WhatsApp ini mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pelaku bisnis menggunakan (onboard) API WhatsApp Business menjadi hanya 5 menit, dari yang sebelumnya hingga beberapa minggu.

Baca juga: WhatsApp akan sediakan "backup" terenkripsi

"Peningkatan ini akan memudahkan bisnis skala menengah dan besar untuk melakukan percakapan dengan pelanggan di WhatsApp. Pemilik bisnis bisa memilih untuk bekerja sana dengan penyedia solusi bisnis atau langsung mendapatkan dukungan dari Facebook di masa mendatang," kata WhatsApp.

WhatsApp Business juga menambah jenis balasan instan terutama untuk menjawab pertanyaan yang berada di luar jam operasional.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pesan otomatis, seperti daftar pesan agar konsumen yang ingin berbelanja tidak perlu mengetik secara manual.

Tombol balas dilengkapi dengan hingga tiga pilihan balasan ketika pelanggan mengobrol dengan akun WhatsApp Business, pilihan balasan bisa diatur oleh pemilik akun bisnis melalui API.

WhatsApp juga memberikan opsi baru bagi pelanggan untuk memberikan tanggapan pengalaman belanja di toko online tersebut, termasuk jika mereka ingin memblokir akun bisnis.

Baca juga: Puluhan jurnalis Palestina akui diblokir akun WhatsApp-nya

Baca juga: WhatsApp tegaskan prioritas untuk privasi

Baca juga: Facebook tegaskan tak bisa baca isi pesan pengguna di WA

 
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021