STP Trisakti segera buka Program D2 Jalur Cepat bagi lulusan SMK

STP Trisakti segera buka Program D2 Jalur Cepat bagi lulusan SMK

Peringatan Dies Natalis STP Trisakti ke-52 di Jakarta, Kamis (3/6). ANTARA/HO- dok pri.

Jakarta (ANTARA) - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) segera membuka Program Diploma Dua (D2) Jalur Caepat bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pariwisata di Tanah Air.

“Pendampingan akan dilakukan pada 11 SMK Pariwisata yang tersebar di seluruh Tanah Air. Ini merupakan kebanggaan bagi kami terpilih dalam pengembangan Program D2 Jalur Cepat yang digagas Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek,” ujar Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, dalam peringatan Dies Natalis STP Trisakti ke-52 di Jakarta, Kamis.

Program SMK-D2 Jalur Cepat merupakan program unggulan dari Kemendikbudristek untuk menghasilkan SDM unggul pendidikan vokasi.

Baca juga: Mendikbudristek sebut Program SMK-D2 Jalur Cepat akan semakin banyak

Program SMK-D2 Jalur Cepat dapat ditempuh dengan waktu 4,5 tahun yang mana sebagian besar diisi dengan magang di industri.

Untuk pengembangan Program D2 Jalur Cepat, pihaknya sudah menyiapkan sumber daya dan fasilitas pendidikan.

Dia menambahkan terpilihnya STP Trisakti dalam Program D2 Jalur Cepat atau Fast Track yang sedang dikembangkan Kemdikbudristek tersebut, karena STP Trisakti telah menerima akreditasi unggul untuk lembaga dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca juga: Dirjen : Program SMK-D2 Jalur Cepat padukan sistem Jepang dan Jerman

Prestasi serupa juga diraih STP Trisakti yakni akreditasi A untuk empat program studi yaitu Program D3 Perhotelan, Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan, Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata dan Sarjana Pariwisata. Sedangkan Program S2 Pariwisata mendapat akreditasi B.

Pada 2020, STP Trisakti mendapat izin untuk pembukaan program doktor (S3) bidang pariwisata.

“Hal ini sekaligus mengukuhkan STP Trisakti sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memiliki Program S3 Pariwisata.

Ditambahkannya, STP Trisakti juga meraih peringkat dua perguruan tinggi swasta dengan persentase jabatan akademik dosen dan sertifikat pendidik dosen terbanyak.

Baca juga: Kemendikbud luncurkan program SMK-D2 jalur cepat

Selain itu, peringkat tiga dalam penilaian kinerja penelitian tertinggi di perguruan tinggi swasta dan skor tertinggi klasterisasi perguruan tinggi kategori sekolah tinggi di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Tahun 2020.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berharap STP Trisakti dapat menjadi perguruan tinggi yang unggul dan maju berkembang sehingga bisa menghasilkan SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif.

“Mari tebarkan optimisme dan dapat bersama-sama bangkit di saat sulit seperti pandemi COVID-19,” imbuh Sandiaga.

Baca juga: STP Trisakti sejak lama terapkan konsep Kampus Merdeka

Pewarta : Indriani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021