Unhas dan University Terengganu kolaborasi pasta gigi tulang ikan

Unhas dan University Terengganu kolaborasi pasta gigi tulang ikan

Suasana koordinasi riset FKG Unhas dan Universitas Malaysia Terengganu terkait inovasi pasta gigi melalui virtual, Jumat (4/6/2021). ANTARA/HO

Makassar (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Faculty of Fisheries and Food Science University Malaysia Terengganu, Malaysia, melakukan kolaborasi riset dan inovasi pasta gigi dari tulang ikan.

Judul yang diambil pada kolaborasi riset kali ini mengenai Physicochemical Analysis and Inoovation of Formulation of Toothpaste Containing Fish Bone.

Ketua Tim Peneliti FK Unhas Dr Ayub Irmadani Anwar drg, M MedEd di Makassar, Jumat, mengatakan penelitian ini bertujuan untuk membuat produk inovasi yaitu pasta gigi yang mengandung kalsium, yang berasal dari tulang ikan.

Pasta gigi ini memanfaatkan limbah tulang ikan dan menjadi alternatif sumber kalsium.

Baca juga: Fakultas Peternakan Unhas berencana kembangankan sapi perah di Sulsel

Baca juga: Dosen Amerika Serikat bahas hutan politik di Unhas


Hasil riset ini juga nantinya menjadi produk unggulan FKG Unhas dalam upaya pencegahan penyakit gigi dan mencegah bau mulut.

Dekan FKG Unhas drg Muhammad Ruslin PhD SpBM(K), sangat menyambut baik kolaborasi riset, terlebih saat ini FKG Unhas tengah meningkatkan kuantitas dan kualitas risetnya.

Kegiatan kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi bagian kontribusi nyata sebagai solusi terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat khususnya pada kesehatan gigi dan mulut.

“Kolaborasi riset ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kami untuk mendorong reputasi universitas baik skala nasional maupun internasional. Ini dapat meningkatkan capaian Unhas menuju World Class University sesuai dengan arahan Ibu Rektor. Ini juga upaya kami untuk memperkenalkan FKG Unhas ke dunia Internasional," ujar drg Ruslin.*

Baca juga: Unhas catat skor terbaik IPP IPAK Kemenpan-RB

Baca juga: Keperawatan Unhas berikan pelatihan psikososial perawat COVID-19
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021