Humaniora sepekan,hoaks soal haji hingga 5 juta orang berhenti merokok

Humaniora sepekan,hoaks soal haji hingga 5 juta orang berhenti merokok

Korban keracunan kebocoran pipa gas pabrik di Karawang. (ANTARA/Ali Khumaini)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora yang mendapat perhatian serta masih menarik disimak pada Minggu (6/6/2021), mulai dari hoaks soal haji hingga berhenti merokok apapun jenisnya.

Berikut sejumlah berita humaniora dalam sepekan:

1. Sejumlah hoaks soal haji mulai dari kuota hingga dana haji

Kementerian Agama telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan calon jamaah haji tahun ini karena pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian, namun sejumlah kabar bohong atau hoaks bermunculan di masyarakat mulai dari kuota hingga dana haji.

2. DKI Jakarta-Jatim berkontribusi besar kematian akibat COVID-19

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa DKI Jakarta dan Jawa Timur berkontribusi besar terhadap angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia.

3. Pipa gas pabrik bocor, ratusan warga Karawang-Jabar keracunan

Ratusan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis, mengalami keracunan akibat bocornya pipa gas milik PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills 2.

4. Pemerintah perluas sasaran vaksinasi hingga kelompok disabilitas

Pemerintah kembali memperluas sasaran vaksinasi COVID-19 dengan menyasar kelompok rentan dari kalangan penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik maupun mental.

5. Lima wisatawan alami kecelakaan di Raja Ampat

Sebanyak lima orang wisatawan mengalami luka-luka akibat ambruk jembatan tempat berfoto pada destinasi wisata Geosite Kabui yang biasa disebut batu pensil di kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat hingga membuat geger warga setempat.

6. Kemenkes canangkan 5 juta orang berhenti merokok

Kementerian Kesehatan mencanangkan sebanyak 5 juta orang berhenti dari kebiasaan merokok melalui serangkaian program kerja yang digaungkan pada peringatan Hari Tembakau Sedunia 2021.
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021