Jelang pembelajaran tatap muka 13.677 guru di Lampung telah divaksin

Jelang pembelajaran tatap muka 13.677 guru di Lampung telah divaksin

Ilustrasi- Vaksinasi guru yang telah dilakukan di Bandarlampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung mencatat sebanyak 13.677  guru SMA dan SMK di Lampung telah menerima vaksinasi COVID-19 menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

"Dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka selain mempersiapkan protokol kesehatan, juga telah dilaksanakan vaksinasi bagi guru," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: Dinsos Lampung mulai data ODGJ untuk peroleh vaksinasi COVID-19

Ia mengatakan untuk tenaga pendidik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah menerima vaksinasi COVID-19 di Lampung berjumlah 13.677 orang.

"Yang telah divaksin sekitar 50 persen dari total guru SMA/SMK yang ada," ucapnya.

Menurutnya, untuk sementara waktu dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas vaksinasi hanya dilakukan untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sedangkan bagi siswa belum akan dilakukan.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Lampung bertambah 86 orang

"Vaksinasi siswa belum akan dilakukan, sebab ketentuan yang berlaku untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka guru terlebih dahulu memperoleh vaksinasi," katanya.

Selanjutnya menurut Sekretaris Disdikbud Lampung Tommy Efra Handarta pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi guru SMA/SMK di Lampung masih terus dilakukan.

Baca juga: Ruang isolasi bagi pelaku perjalanan positif COVID-19 di Lampung penuh

"Masih terus berlangsung namun memang harus menunggu jadwal panggil dari fasilitas pelayanan kesehatan," ucapnya.

Menurutnya, dari total jumlah guru yang telah divaksin, progres terbanyak dalam melaksanakan vaksinasi guru dilakukan oleh Kota Bandarlampung.

Baca juga: Disdikbud Lampung harapkan akhir Mei vaksinasi guru usai dilaksanakan

"Untuk yang terbanyak melakukan vaksinasi guru tingkat SMA/SMK ini Kota Bandarlampung dengan progres vaksinasi guru sekitar 82,42 persen dari total sasaran di Kota Bandarlampung," katanya pula.

Dia menjelaskan secara keseluruhan tercatat jumlah guru yang tengah menunggu jadwal vaksinasi di 15 kabupaten/kota di Lampung ada 15.678 orang.

"Masih ada yang menunggu jadwal, dan semoga dapat terlaksana dengan tuntas sebelum pembelajaran tatap muka secara terbatas dimulai," ucapnya lagi.

Baca juga: Vaksinasi harapan baru pelaksanaan KBM tatap muka

 
Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021