Jakarta (ANTARA) - Thomas Mueller mencetak gol internasional pertamanya dalam kurun tiga tahun terakhir pada Senin tatkala Jerman melumat tim kecil Latvia 7-1 dalam pertandingan persahabatan pemanasan terakhir mereka sebelum memasuki putaran final Euro 2020.

Dalam pertandingan itu, Latvia peringkat 138 dunia sangat jarang keluar dari area pertahanannya saat Jerman bersiap untuk pertandingan pembuka Euro 2020 melawan juara dunia Prancis dalam waktu delapan hari ke depan di Munich.

Setelah dua tahun menyepi dari sepak bola internasional, pemenang Piala Dunia 2014 Mueller masuk dalam daftar pencetak gol sementara bersama bintang Liga Premier Inggris Ilkay Gundogan dan Timo Werner yang turut juga mengukir gol dalam kemenangan tersebut.

"Hasil bukanlah hal yang paling penting, karena yang lebih utama tentang cara kami bermain sepak bola dan menerapkan berbagai hal," kata Mueller yang membukukan gol pertamanya untuk Jerman sejak Maret 2018.

“Rasanya menyenangkan. Ini kemenangan yang meyakinkan, tetapi kami tahu bahwa Prancis lawan yang berbeda dan itu jelas.”

Baca juga: Data dan fakta timnas Jerman di Euro 2020
Baca juga: Mengenal 11 kota dan stadion tuan rumah Piala Eropa 2020

Kapten Jerman Manuel Neuer mendapat sambutan tepuk tangan di lapangan oleh rekan satu timnya sebelum kick-off saat dia menjadi penjaga gawang pertama yang membuat 100 penampilan untuk tim nasional.

Kiper veteran berusia 35 tahun itu melewati salah satu malam yang paling santai sepanjang kariernya di Duesseldorf.

Sebagian besar waktu untuk Neuer belum teruji sampai akhirnya gelandang Latvia Aleksejs Saveljevs melewati barisan pertahanan Jerman dan mencetak gol hiburan 15 menit sebelum laga usai.

Pelatih Jerman Joachim Loew membuat empat perubahan dari tim yang sebelumnya ditahan imbang 1-1 oleh Denmark.

Pemain juara Liga Champions Chelsea, Antonio Ruediger, yang terus menembus pertahanan Latvia bersama rekan setimnya di klub, Kai Havertz, tampil impresif di lini depan.

Baca juga: Jangan ada rasisme di antara kita

Sementara di lini tengah, pemain Manchester City Gundogan yang bermitra dengan Toni Kroos dari Real Madrid juga tampil solid.

Havertz sukses menerobos pertahanan Latvia untuk membantu terciptanya gol pembuka oleh bek kiri Robin Gosens yang mengukir gol internasional pertamanya dan 86 detik kemudian Gundogan mencetak gol kedua.

Jerman unggul 3-0 dalam 27 menit pertama ketika Mueller mencetak gol ke-39 dalam 102 pertandingan untuk Jerman.

Skor menjadi 5-0 saat turun minum tatkala kiper Latvia Robert Ozols memasukkan bola ke gawangnya sendiri dan kemudian tendangan voli Serge Gnabry ke pojok atas merobek gawang Latvia sebelum turun minum.

Werner yang menggantikan Havertz di babak kedua, melepaskan tembakan di antara kedua kaki Ozol guna menciptakan gol Jerman berikutnya saat pertandingan berlalu 50 menit.

Jerman terkecoh ketika tembakan luar biasa Saveljevs melewati Neuer yang tidak mampu menjangkau bola, sebelum Sane akhirnya menebus kesalahannya dengan memanfaatkan umpan Mueller.

Kemenangan ini menjadi bekal dan pendorong kepercayaan diri Jerman menjelang putaran final Euro 2020, tetapi Jerman bakal menghadapi pertandingan yang jauh lebih sulit melawan Prancis dan Portugal yang juga juara bertahan Eropa di Grup F, demikian AFP.

Baca juga: Ben White gantikan Trent Alexander-Arnold dalam skuad timnas Inggris
Baca juga: Seberapa bugar bintang-bintang lapangan hijau saat Euro 2020

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021