Desa Wisata Genilangit masuk dalam kategori Desa Wisata Berbasis Alam....
Magetan (ANTARA) - Desa Genilangit  di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berhasil menjadi finalis pada ajang Desa Wisata Awards 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama BCA.

"Selamat kepada Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, atas terpilihnya sebagai finalis atau nominator Desa Wisata Awards  2021," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan Joko Trihono dalam keterangannya di Magetan, Rabu.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan Pemkab Magetan melalui laman resmi pemda setempat, Desa Wisata Genilangit masuk dalam kategori Desa Wisata Berbasis Alam. Proses penjurian rencananya digelar secara virtual atau daring pada tanggal 6-7 Juli 2021.

Baca juga: Menparekraf: Kebangkitan pariwisata dimulai dari desa wisata 

Pihaknya sangat mengapresiasi prestasi yang diperoleh Desa Genilangit. Ia berharap agar Desa Genilangit mendapatkan juara pada nantinya.

"Perjuangan belum usai, semoga sukses sebagai pemenang yang akan diumumkan pada 9 Juli mendatang," kata Joko.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kemenparekraf menjadi salah satu cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya di sektor pariwisata.

Bertema Indonesia Bangkit ajang anugerah tersebut memiliki tujuh kategori kontes. Yakni Kontes Homestay; Kontes Toilet atau Kamar Kecil; Kontes CHSE; Kontes Desa Digital; Kontes Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya); Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan); dan Kontes Konten Kreatif.

Baca juga: Pemerintah luncurkan Buku Pedoman Desa Wisata 2021

Dengan program desa wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi potensi desa–desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain itu juga menambah jumlah desa yang masuk dalam kualifikasi desa wisata. Serta menginspirasi kualifikasi baru standar internasional sebuah desa wisata.

Terdapat 10 tempat menarik yang masuk dalam penilaian dan bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Genilangit, yakni  atraksi perahu karet, river tubing, Taman Wisata Genilangit, Highland Wonomulyo, spot swafoto, outbound, Bukit Sekudi Wonomulyo, Camping Ground Genilangit, Atraksi Sahabat Fauna, dan Wahana tangkap kelinci.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021