Jakarta (ANTARA) - Tiga produsen baterai Korea Selatan (Korsel) akan memamerkan teknologi baterai generasi berikutnya di pameran industri besar untuk maju dalam persaingan ketat di pasar baterai kendaraan listrik yang berkembang pesat.

Dilansir Yonhap, Kamis, LG Energy Solution Ltd., Samsung SDI Co., dan SK Innovation Co. akan memperkenalkan produk baterai terbaru dan model bisnis berkelanjutan mereka di InterBattery 2021, yang berlangsung dari Rabu hingga Jumat di Pusat Konvensi & Pameran di Seoul selatan.

InterBattery adalah pameran industri baterai terkemuka negara itu yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Energi, yang akan dihadiri oleh sekitar 230 perusahaan dari dalam dan luar negeri, kata penyelenggara.

Tahun ini, perusahaan-perusahaan itu diperkirakan mempromosikan teknologi baterai lithium-ion mereka yang meningkatkan kepadatan dan kapasitas energi dengan kandungan nikel yang lebih tinggi.

Keuntungan utama menggunakan nikel dalam baterai adalah membantu memberikan kepadatan energi yang lebih tinggi dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan biaya yang lebih rendah.

LG Energy, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh LG Chem Ltd., mengatakan akan menghadirkan bahan katoda NCMA (nikel, kobalt, mangan, aluminium) yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik, yang meningkatkan kandungan nikel menjadi sekitar 90 persen untuk meningkatkan kepadatan energi.

Tesla diharapkan menjadi pembuat mobil pertama yang menggunakan sel baterai NCMA baru LG akhir tahun ini, menurut sumber industri. LG Energy tidak mengomentari kesepakatan dengan kliennya.

Samsung SDI, yang memasok baterai ke BMW, mengatakan akan memamerkan baterai Gen. 5, versinya sendiri dari baterai berkinerja tinggi dengan komposisi nikel hampir 90 persen, yang akan dirilis pada paruh kedua.

Perusahaan mengatakan kendaraan listrik yang dilengkapi dengan baterai Gen. 5 akan memiliki jangkauan mengemudi lebih dari 600 kilometer per pengisian tunggal untuk meningkatkan parameter utama kinerja kendaraan listrik.

SK Innovation mengatakan ruang pamerannya akan memamerkan berbagai model kendaraan listrik yang dilengkapi dengan produk baterai lithium-ion, termasuk Ioniq 5 milik Hyundai Motor Co. dan truk pikap F-150 Ford. EV6 mendatang Kia Corp. akan ditampilkan dalam gambar tiga dimensi.

SK Innovation akan memperkenalkan NCM9, sel baterai mangan nikel kobalt terbaru dengan kandungan nikel 90 persen yang akan ditambahkan ke F-150, serta teknologi pemisah baterai, sel baterai, dan kemasan.

Pameran industri tahunan diharapkan menarik perhatian dari pembuat mobil global, penyedia bahan baterai, dan industri terkait karena pembuat baterai Korea secara agresif memperluas investasi dalam mengembangkan teknologi baru, mengamankan bahan baku, dan menciptakan model bisnis baru.

Tiga pembuat baterai kendaraan listrik Korea menyumbang 32 persen dari pasar global dalam empat bulan pertama tahun ini, memasok setara 65,8 gigawatt-hour (GWh) baterai kendaraan listrik, menurut data dari SNE Research.

LG Energy menyumbang 21,5 persen, tetap menjadi nomor 2 dunia, setelah CATL China dengan 32,5 persen. Samsung SDI dan SK Innovation masing-masing menempati posisi kelima dan keenam.

Penjualan baterai kendaraan listrik mereka meningkat tajam sejalan dengan permintaan yang solid untuk kendaraan bertenaga baterai oleh pembuat mobil besar, tetapi pangsa gabungan menurun dari 37,8 persen tahun lalu karena pabrikan China memperluas kehadiran mereka di wilayah asal mereka, pasar kendaraan listrik teratas dunia.

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021