Shanghai (ANTARA News/AFP) - Gubernur California, Arnold Schwarzenegger mengatakan, dalam kunjungannya, Minggu, ke Shanghai Expo bahwa negara bagian Amerika Serikat (AS) yang ia pimpin, California, akan berupaya menjadi tuan rumah World Expo 2020 di pusat teknologi, Silicon Valley.

"Sebagai pusat pembaruan, Silicon Valley merupakan tempat yang paling alami untuk menjadi tuan rumah Expo, yang akan mempromosikan pertukaran gagasan antar-bangsa, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan di negara bagian kami," kata Schwarzenegger.

Schwarzenegger, yang dalam misi perdagangan enam harinya ke Asia yang juga akan ke Jepang dan Korea Selatan, mengeluarkan pernyataan itu dalam konperensi pers di stan AS pada Shanghai World Expo tersebut.

"Shanghai mempertunjukkan bahwa ketika anda menjadi tuan rumah World Expo, dunia datang ke anda, dan saya ingin dunia datang ke California," katanya.

Sebuah surat permohonan menjadi tuan rumah expo secara resmi akan diserahkan pada tahun depan, dengan keputusan yang diharapkan pada tahun 2012.

Silicon Valley (Lembah Silikon), yang berada di sepanjang lingkaran Teluk San Francisco selatan, merupakan "jantung" industri teknologi California. Daerah itu merupakan tempat perusahaan komputer dan internet kenamaan di dunia seperti Apple, Google, dan Yahoo.

Bintang Hollywood dan binaragawan itu melakukan lawatan bersama hampir 100 pemimpin dari berbagai sektor yang meliputi teknologi, pariwisata, dan hiburan.

Gubernur, yang negara bagiannya dilanda resesi global itu, berjanji sebelum melakukan lawatan bahwa ia akan bertindak sebagai "kepala pedagang" untuk negara bagian California dalam upaya

menjalin kerjasama lebih baik dengan pasar-pasar Asia yang sedang tumbuh seperti China.

Dengan mengatakan ia sangat terkesan pada kereta berkecepatan tingginya Shanghai, ia mengatakan ia mengharapkan perusahaan China akan berusaha memperoleh pembangunan kereta api berkecepatan tinggi di negaranya.

Shanghai World Expo, yang dibuka pada 1 Mei dan ditutup pada akhir Oktober, merupakan tempat kebudayaan dan teknologi dunia dan contoh terbaru kekuatan China yang sedang tumbuh, setelah Olimpiade Beijing 2008.

Tiga negara Asia dalam rencana perjalanan Scharzenegger merupakan para mitra dagang negaranya.

Pada 2009, California mengekspor barang-barang senilai 120 miliar dolar ke lebih 220 pasar asing, yang meliputi 27 miliar dolar ke China, Jepang, dan Korea Selatan.

Schwarzenegger menurut rencana akan turun dari jabatannya sebagai gubernur California pada November setelah tujuh tahun menjabat. (M012/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010