Bogor (ANTARA) - IPB University masuk dalam peringkat ke-511-520 pada QS World University Rankings (WUR), yakni sistem pemeringkatan yang menjadi rujukan utama bagi perguruan tinggi dunia, termasuk Indonesia.

Raktor IPB University, Arif Satria, melalui pernyataan tertulisnya di Bogor, Kamis, mengatakan, QS merilis peringkat perguruan dunia pada Selasa (8/6) dan menempatkan IPB University berada pada peringkat ke-511-520.

"Pada tahun sebelumnya, QS WUR memposisikan IPB University pada peringkat ke-531-540," katanya.

Baca juga: IPB University kembangkan model kolaborasi pemberdayaan UKM pertanian

Arif Satria menjelaskan, QS WUR adalah sebuah lembaga internasional yang membuat sistem pemeringkatan perguruan tinggi dan banyak menjadi acuan bagi perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan dari QS WUR, dinilai menjadi rujukan utama bagi perguruan tinggi dunia, termasuk Indonesia.

"Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan unit kerja dan keluarga besar IPB University yang telah berkontribusi bagi peningkatan kinerja IPB University dalam QS WUR ini,” katanya.

Baca juga: IPB dan UT selenggarakan diskusi virtual penguatan SDM kearsipan

Menurut Arif, peringkat IPB University yang terus meningkat pada QS WUR, dirinya berkomitmen untuk terus membawa institusi ini ke posisi lebih baik.

Langkah tersebut, kata dia, mulai dari upaya peningkatan jumlah mahasiswa internasional, peningkatan riset, publikasi dan sitasi, internasionalisasi akademik, serta membangun reputasi global. "Harapannya, IPB University bisa masuk Top 400 perguruan tinggi terbaik dunia di tahun mendatang," katanya.

Baca juga: IPB University-Kota Dumai kembangkan program penelitian dan pendidikan

Menurut Arif, rilis QS WUR ini juga menegaskan posisi IPB University dalam komunitas perguruan tinggi dunia. Sebelumnya, IPB University masuk Top 62 pada QS WUR by Subject on Agriculture and Forestry 2021 dan menjadi terbaik di ASEAN.

Tidak hanya itu, IPB University juga masuk dalam urutan 118 pada QS Asia Rankings 2021, dan di posisi 101-200 dalam Times Higher Education (THE) berdasarkan pemeringkatan THE Impact Rankings 2021.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021