Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi akan melakukan optimasi pada dividen digital di pita frekuensi 700MHz, hasil penghentian siaran televisi analog nanti.

"Implementasi sistem penyiaran digital akan menghasilkan efisiensi spektrum radio pada pita frekuensi 700MHz atau umumnya dikenal sebagai digital dividen. Kita semua telah ketahui yang saat ini (pita frekuensi 700MHz) seluruhnya digunakan hanya untuk siaran televisi analog," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat.

Dividen digital pada pita frekuensi tersebut akan digunakan untuk layanan telekomunikasi seluler. Mengutip data Boston Consultant Group pada 2017 lalu, Kominfo melihat estimasi efek berganda yang dihasilkan jika Indonesia mengalihkan dividen digital untuk keperluan telekomunikasi seluler pita lebar, akan sangat besar.

Dalam lima tahun ke depan, dividen digital tersebut bisa menaikkan Produk Domestik Bruto sekitar Rp443 triliun, pajak sekitar Rp77 triliun dan menciptakan lebih dari 230.000 lapangan kerja baru serta 181.000 unit usaha baru.

Secara bertahap, analog switch off atau migrasi siaran televisi dari analog ke digital akan dimulai pada 17 Agustus mendatang. Indonesia menggunakan metode seleksi untuk penyelenggara multiplexing di 22 provinsi. Sementara itu, metode evaluasi penyelenggara multiplexing diterapkan di 12 provinsi.

Kominfo menjelaskan penyelenggara dan ekosistem perlu memahami bahwa penyelenggara multiplexing masih bisa bersiaran karena 50 slot multiplexing akan dikelola pemerintah.

"Persentase itu ditujukan kepada setiap penyelenggara siaran. Tentu bisa mengajukannya untuk digunakan sebagai slot siaran digital. Nah, ini yang dapat saya sampaikan bahwa tidak seluruh lembaga penyiaran, khususnya yang swasta dan lokal serta komunitas, akan menjadi penyelenggara multiplexing," kata Johnny.

Penyelenggara siaran swasta, lokal maupun komunitas yang membutuhkan hak siaran akan disediakan pemerintah sehingga tidak mengganggu penyiaran dari lembaga penyiaran dan tidak menghambat masyarakat.


Baca juga: Siaran televisi analog di Banten dihentikan mulai 17 Agustus

Baca juga: Kominfo ajak warga Aceh diskusi bahas migrasi TV analog ke digital

Baca juga: TVRI siap bermigrasi ke siaran TV digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021