Jakarta (ANTARA) -
Anggota DPR RI Agustiar Sabran menyebutkan warga Provinsi Kalimantan Tengah siap untuk menerima program vaksinasi COVID-19.
 
“Sesuai arahan dan petunjuk pemerintah pusat, saya juga mengharapkan dukungan dari Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Dendi Prasetyo dan Danrem 102 Panjang Brigjen TNI Purwo Sudaryanto," kata Agustiar Sabran dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Jumat.
 
Dukungan tersebut kata dia agar dapat memerintahkan kepada jajaran masing-masing untuk bergerak bersama di berbagai kabupaten secara aktif membantu menuntaskan program vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Gubernur-Wagub Kalteng terus kendalikan COVID-19
 
Agustiar Sabran mengatakan, saat ini Kalteng harus lebih meningkatkan angka partisipasi warga untuk mau menerima vaksin COVID-19.
 
“Pemerintah pusat akan memprioritaskan kesediaan vaksin pada daerah yang cenderung aktif dan tingkat partisipasi penerimanya tinggi dibandingkan wilayah atau daerah yang dianggap rendah tingkat partisipasinya,” kata Agustiar Sabran.
 
Anggota DPR asal Kalimantan Tengah ikut hadir dalam proses vaksinasi lansia yang digelar di Kota Palangkaraya. Vaksin COVID-19 jenis Sinovac yang datang kali ini sebanyak 2.720 Vial atau 27.200 Dosis.
 
“Vaksin telah datang lagi di Kalimantan Tengah, kali ini vaksin disuntikkan kepada lansia terlebih dulu. Vaksinasi lansia sudah mencapai 26.441 orang atau 13,78 persen dari target 191.817 orang,” ucapnya.

Baca juga: Kemarin, varian B1617 di Kalteng sampai 8,6 juta orang terima vaksin
 
Vaksinasi COVID-19 untuk lansia cenderung masih jauh dari target pemerintah daerah karena masih banyak warga lanjut usia yang belum percaya terhadap vaksin dan masih percaya terhadap berbagai berita bohong mengenai vaksin COVID-19.
 
“Banyak yang takut untuk disuntikkan vaksin ini. Banyak beredar berita atau informasi simpang yang membuat takut banyak orang soal vaksin COVID-19,” kata dia.
 
Agustiar Sabran yang didampingi oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Kapolda Kalteng dan Danrem 102 Panjang Brigjen TNI dalam kunjungan ke beberapa daerah di Kalimantan Tengah.
 
“Bersama, kita tentunya untuk meyakinkan masyarakat dan melakukan gerakan bersama agar target pencapaian vaksinasi di Kalteng bisa terpenuhi 98 persen sampai akhir 2021,” ujar Agustiar.
 
Agustiar Sabran yang juga sebagai Anggota Komisi III DPR RI mengatakan agar capaian atau target bisa terpenuhi tentunya diperlukan dukungan dari semua pihak terutama TNI dan Polri serta memberikan semangat secara langsung dengan cara turun di tengah-tengah masyarakat.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021