Perlu diyakinkan akan pentingnya vaksinasi untuk capai 'herd immunity'.
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Darul Siska mengatakan DPR RI akan mendukung terus komitmen pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi COVID-19.

Darul Siska dalam keterangan pers diterima di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pemerintah hingga tahap kedua ini menargetkan 40.349.049 orang yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19.

"DPR mendukung penuh program vaksinasi dan menyetujui anggaran yang dibutuhkan asal digunakan secara efisien dan efektif," kata Darul Siska.

Di samping itu, dia menilai dukungan masyarakat adalah salah satu masalah penting dan serius.

Darul Siska menilai kesadaran masyarakat untuk mau menjalani vaksinasi belum sepenuhnya kondusif untuk menyukseskan program tersebut.

"Oleh karena itu, Pemerintah harus melakukan sosialisasi secara masif dengan bantuan media, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, tokoh pemuda, dan para selebriti," katanya.

Ia berharap program vaksinasi bisa lebih cepat dari pencapaian sekarang walaupun pihaknya memahami keterbatasan pemerintah, terutama mengenai kesulitan pengadaan vaksin COVID-19.

Baca juga: Keterisian ruang isolasi rumah sakit di Kota Bandung meningkat lagi

"Bangsa ini sangat bergantung pada vaksin impor karena Indonesia belum berhasil memproduksi vaksin hasil karya anak bangsa sendiri," ucapnya.

Di lain pihak, dia juga mengharap keinginan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar 1 juta orang menerima vaksin COVID-19 per hari mulai Juli 2021 bisa tercapai jika vaksin tersedia.

"Semua pihak terkait mendukung dan bekerja sama serta masyarakat sudah berhasil diedukasi dan diyakinkan akan pentingnya vaksinasi untuk mencapai herd immunity," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi ketika meninjau vaksinasi COVID-19 massal untuk pendidik, lansia, dan pelayan publik di RS Universitas Indonesia sempat menyebutkan angka target vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

"Kita berharap pada bulan Juni target vaksinasi 700.000 orang per hari benar-benar tercapai. Dengan demikian, pada bulan Juli 2021 kita sudah masuk pada target vaksinasi 1.000.000 orang per hari," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Puskesmas di Jaksel siapkan sentra vaksinasi

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021