Puan ajak semua pihak gotong royong hadapi lonjakan COVID-19

Puan ajak semua pihak gotong royong hadapi lonjakan COVID-19

Ketua DPR Puan Maharani tinjau vaksinasi massal COVID-19 di Denpasar (Foto ANTARA/I Komang Suparta/I020/Ist/2021)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak semua komponen bangsa bergotong royong untuk fokus menangani pandemi COVID-19 yang angkanya sedang meningkat.

"DPR mengajak seluruh komponen bangsa fokus menangani COVID-19. Saya juga mengajak masyarakat terlibat dalam usaha menangani penyebaran virus Corona," kata Puan dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.

Dia mengapresiasi seluruh pihak yang tidak kenal lelah menangani pandemi COVID-19, khususnya apresiasi disampaikan Puan untuk seluruh tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan selama pandemi melanda Indonesia lebih dari setahun ini.

Puan memahami jika ketidakpastian akibat pandemi membuat lelah, namun yakinlah tenaga kesehatan adalah pahlawan kemanusiaan yang menjadi tulang punggung dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Terima kasih dan harapan besar kami pada seluruh tenaga kesehatan untuk terus berjuang di garda terdepan dalam melalui masa sulit ini," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu meminta Pemerintah mempertimbangkan masukan-masukan dari berbagai pihak, termasuk dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan organisasi kesehatan lainnya, untuk menangani ledakan kasus COVID-19 pascamudik Lebaran.

Menurut dia, ledakan kasus COVID-19 membuat keterisian rumah sakit atau "bed occupancy ratio" (BOR) di sejumlah daerah mengalami lonjakan seperti di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta.

Puan menilai semua pihak bisa berperan membantu penanganan COVID-19, karena masyarakat membantu meringankan beban tenaga kesehatan yang sudah lelah dengan makin disiplin menerapkan protokol kesehatan.
Baca juga: Puan Maharani dorong dapilnya lakukan percepatan vaksinasi COVID-19
Baca juga: Puan: Jangan sampai "kecolongan" penularan COVID-19 dari bandara

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021